Kamis, 11 Agustus 2022 10:29

Sambut Kemerdekaan, PT Bumi Karsa Tanam 1000 Pohon Mangrove

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sambut Kemerdekaan, PT Bumi Karsa Tanam 1000 Pohon Mangrove

Merayakan Hari Ulang Tahun RI yang ke 77 tahun, PT Bumi Karsa menggelar kegiatan penanaman mangrove melalui Proyek Pembangunan Pengamanan Muara Sungai Bogowonto Sisi Barat.

RAKYATKU.COM -- Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, seperti halnya yang dilakukan PT Bumi Karsa.

Merayakan Hari Ulang Tahun RI yang ke 77 tahun, PT Bumi Karsa menggelar kegiatan penanaman mangrove melalui Proyek Pembangunan Pengamanan Muara Sungai Bogowonto Sisi Barat.

Penanaman mangrove berlangsung di lokasi sepanjang bibir pantai sebelah barat muara Sungai Bogowonto yang berada di Kelurahan Jangkaran, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta.

Baca Juga : PT. Bumi Karsa Hadirkan Workshop Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kulon Progo. Dalam aksi ini sebanyak 1000 pohon mangrove ditanam dengan melibatkan beberapa kelompok tani di sekitar pesisir dan pemerintah setempat.

Pada acara ceremonial kegiatan penanaman tersebut, Syarif Barakati selaku Project Manager dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Bumi Karsa terhadap kelestarian lingkungan.

 

Kegiatan penanaman mangrove ini dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem yang diharapkan dapat memulihkan atau memperbaiki kualitas serta mempertahankan hutan mangrove.

Baca Juga : Hari Pertama KYF 2022, Wali Kota Makassar Beri Motivasi ke Anak Muda

Selain itu, magrove juga berperan penting dalam ekologi laut dan lingkungan pantai, mencegah pengikisan garis pantai.

Sponsored by MGID

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologis dan ekonomis.

"Dengan adanya kegiatan penanaman ini, masyarakat diharapkan untuk ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove yang berada di kawasan Kelurahan Jangkaran,” ungkapnya.

Baca Juga : Bukit Baruga Beri Promo Serah Terima Kunci Selama September

Ekosistem mangrove daerah pesisir yang terawat dan didukung oleh kesadaran serta kesamaan persepsi dari berbagai pihak tentang pentingnya ekosistem mangrove akan memberikan dampak terhadap keberlanjutan daerah pesisir.

Oleh karena itu, kontribusi masyarakat memang penting dalam rangka menjaga dan melakukan konservasi daerah pesisir. Namun tetap membutuhkan peran pemerintah. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengefektifkan kontribusi masyarakat.

PT Bumi Karsa mengerjakan Proyek Pembangunan Pengamanan Muara Sungai Bogowonto Sisi Barat yang kelak akan berfungsi untuk mengatasi banjir di sekitar kawasan Yogyakarta Internasional Airport pada khususnya dan masyarakat di DAS Bogowonto pada umumnya.

Baca Juga : Kalla Youth Fest 17-18 September di NIPAH, Ruang Kolaborasi Industri Kreatif, Musik, dan Hobi

Proyek yang dikerjakan dengan durasi selama 990 hari kalender terhitung sejak tanggal 21 Oktober 2020 dan berakhir pada tanggal 7 Juli 2023, dengan masa pemeliharaan selama 360 hari kalender.

#Kalla Group #PT Bumi Karsa