Kamis, 28 Juli 2022 17:33

Wali Kota Palopo Terima Audiensi dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemenristekdikti

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Palopo Terima Audiensi dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemenristekdikti

Ada 147 sekolah ditetapkan sebagai penyelengara implementasi kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2022/2023.

PALOPO – Wali Kota Palopo, Drs. H.Muh. Judas Amir, MH, menghadiri audiensi dan kunjungan kerja Balai Besar Guru Penggerak Sulawesi Selatan di ruang pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo.  Kamis, (28/07/2022).

Dalam rangka memperkuat Sinergi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dengan Pemerintah Kota Palopo, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Balai Besar Guru Penggerak Sulawesi Selatan merujuk pada surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nomor 98LBS/G1.00.06/2022 tanggal 22 Juli 2022, melakukan Silaturrahim audiensi kunjungan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara Mandiri pada kategori Mandiri dan pemantauan terhadap Implementasi kurikulum Merdeka secara mandiri pada satuan pendidikan ditahun Ajaran baru 2022/2023.

Kepala Balai Besar dan Penggerak Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi, H. Darmawansha, mengatakan ada 147 sekolah ditetapkan sebagai penyelengara implementasi kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2022/2023.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Menyampaikan bahwa penerapan implementasi atau kebiasaan proses belejar mengajar diaharapkan berjalan sesuai dengan kurikulum yang belaku, adapun kompetensi guru yang dapat ditingkatkan juga sudah dimudahkan dengan mengikuti diklat ataupun sarana platform aplikasi merdeka belajar.

"Guru-guru sekarang kalau merasa sudah jarang diundang ke diklat-diklat itu karena prosesnya sekarang bisa melalui platform aplikasi merdeka belajar, disitu juga nantinya akan mendapatkan sertifikat kompetensi" ujarnya.

Wali Kota sendiri dalam sambutanya mengatakan, setiap hal ada batasan kemerdekaan tugas kita, mengimplementasikan kemerdekaan belajar itu sesuai aturan yang ada, juga kewajiban kita untuk mensosialisasikan kepada murid-murid termasuk orang tua siswa agar tahu dan bisa mengerti mekanisme cara proses belajar mengajar.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

"Kurikulum Merdeka belajar ini sangat baik menurut saya, perubahan yang ada akan membantu proses belajar mengajar lebih baik kedepan, adapun hal-hal yang muncul dimasyarakat akan terjawab melalui kurikulum ini" kata Walikota.

Lanjut Judas Amir  menjelaskan, ada  dua hal yang menjadi fundamental dalam prosesnya, pertama merdeka dan ke dua belajar, kedua hal ini diimplementasikan secara baik akan mewujudkan kekuatan dan kekompakan dalam proses belajar mengajar dikurikulum Merdeka tahun ajaran 2022/2023.

"NKRI segalanya, yang kita rasa dan yang kita lakukan dapat menganggu Republik ini jangang kita lakukan" tegas Walikota

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Juga ditekankan,  agar tetap mengikuti instruksi pemerintah pusat berdasarkan perintah tertulis dan lisan dari Presiden, salah satunya tetap mengikuti prokes dengan tetap memakai masker dalam berkatifitas baik dikantor maupun dilingkungan tempat tinggal, para guru kepala sekolah mengingatkan murid-muridnya, betapa pentingnya kesehatan yang menunjang proses belajar mengajar.

Wali Kota berharap, agar semua elemen masyarakat bekerja bersama, menjaga Republik Indonesia, langkah kita, ucapan kita kepada generasi kedepan, agar terjaga sehingga mengasilkan generasi-generasi yang cinta dan bertangung jawab kepada NKRI. Kedepan mampu dan bisa merasakan Merdeka Belajar.

#pemkot palopo