Sabtu, 02 Juli 2022 16:11

HUT Ke-20 Kota Palopo: Tangguh & Ekonomi Tumbuh

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
HUT Ke-20 Kota Palopo: Tangguh & Ekonomi Tumbuh

HUT ke-20 tahun Kota Palopo, dengan tema Palopo Tangguh, Ekonomi Tumbuh.

PALOPO -- Wali Kota Palopo H.M Judas Amir MH., bersama Gubernur Sulsel, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Muh. Iqbal S. Suhaeb SE. MTP, menghadiri Rapat Paripurna, Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kota Palopo, yang digelar di Lt. II, Ruang Pertemuan Ratona, Kantor Walikota Palopo, Sabtu 2 Juli 2022.

Rapat Paripurna ini, dibuka resmi oleh Ketua DPRD Kota Palopo,  Dr. Hj. Nurhaenih, S.Kep.,M.Kes, sekaligus menyampaikan arahannya. “Kita telah membuktikan bersama, bahwa kita telah mengarungi rentàng waktu, patut kita syukuri, dan capaian pembangunan di Kota Palopo, karena kolaborasi dan bersinergi antara Forkopimda dengan seluruh elemen masyarakat.” Ujar Nurhaenih.

“Kota Palopo yang genap 20 tahun sebagai kota otonom, melihat dari sejarah kelahirannya, Palopo sebagai pusat pemerintahan telah ada jauh sebelumnya, dan Palopo adalah sebuah Kota yang dibangun dengan semangat peradaban baru dengan semangat rekonsialisasi.” Tuturnya.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Walikota Palopo, Judas Amir, dalam sambutannya mengatakan, HUT ke-20 tahun Kota Palopo, dengan tema Palopo Tangguh, Ekonomi Tumbuh, yang menjadi ukuran capaian Pemerintah Kota Palopo saat ini.“Tema HUT ke- 20 Kota Palopo, pada tahun 2022, yaitu menandakan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan tingkat pengangguran kita tekan. Bahkan Kota Palopo akan kita jadikan sebagai kota kesehatan, dengan dibukanya Rest Area di setiap rumah sakit dan puskesmas. Dan akan kita jadikan sebagai kota seribu taman,” Jelas Walikota.

Walikota juga menjabarkan angka presentase penurunan yang signifikan di sektor penduduk miskin, Palopo juga sebagai kota jasa, yang tengah  melakukan pelaksanaan pembangunan “multi year” seperti Pembangunan Sirkuit Ratona Motor Sport, Pusat Kuliner dan Oleh-Oleh Palopo, atau dikenal sebagai Menara Payung, Revitalisasi Kawasan Islamic Center Kota Palopo, dan Pembangunan Kantor DPRD Kota Palopo.

“Perkembangan Kota palopo ini bukan hanya bergerak dan digerakkan oleh sektor Pemerintah, melainkan juga oleh sektor swasta, property, pebankan, perhotelan, tempat olah raga, rekreasi keluarga, rumah sakit, apotik, star up dengan ciri kaum milenial dan digital modelnya. Wali Kota berharap Kota Palopo, menjadi kota kunjungan tujuan wisata kesehatan.”Paparnya.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

 “Selama memimpin Kota Palopo, atas kerjasama dari Forkopimda, swasta dan masyarakat Kota Palopo, dan ridha dari Allah SWT. Tanpa itu semua mustahil bisa terwujud,” tandasnya.

Dalam Rapat Paripurna juga di bacakan sejarah singkat Kota Palopo, oleh Wakil Ketua II DPRD Kota Palopo, Irvan, ST.

Sambutan Gubernur Sulawesi Selatan, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Muh. Iqbal S. Suhaeb SE. MTP., yang menyampaikan, “Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan, beliau mengucapkan selamat hari jadi kepada Kota Palopo, semoga peringatan hari jadi Palopo, dapat menjadi momentum jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Palopo untuk lebih tangguh, dalam mengawal penguatan ekonomi, sebagaimana dengan tema yang diusung.” Ujarnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

“Berkat sinergitas dalam menjalankan pengelolaan keuangan pemerintah yang transparant dan akuntabel, yang dibangun bersama jajaran Pemerintah Pemerintah Kota Palopo, mendapat penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemerintah daerah secara berturut-turut. dan banyak sekali penghargaan yang diterima Pemkot Palopo.”

“Dengan penilaian ini, memacu semangat kita semua, termasuk jajaran Pemerintah Kota Palopo, untuk bekerja lebih baik dan menjadi pendorong langkah membangun kepercayaan dari masyarakat,  dan bukti upaya pemuliahan ekonomi, untuk kebangkitan Sulawesi-Selatan jauh lebih baik.” Jelasnya.

“Agar momentum pemulihan ekonomi Nasional ini, bisa terus terjaga sehingga mobilitas semakin bagus dan pemulihan ekonomi tahun 2022, bisa berlanjut seperti harapan kita semua.” Tutupnya.

Baca Juga : Penjabat Walikota Palopo Hadiri Pelantikan Pengurus Jatman

Di penghujung acara, diberikan penghargaan kepada Camat, Lurah, dan Petugas Kebersihan teladan, yang memiliki karya nyata yang bermanfaat untuk Kota Palopo. 

#pemkot palopo