Kamis, 04 Agustus 2022 11:11

Bharada E Disebut Menembak Bukan untuk Bela Diri, Ini Respons Pengacara Keluarga Brigadir J

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak. (Foto: Suara/Yasir)
Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak. (Foto: Suara/Yasir)

"Dan (diduga) yang terjadi adalah peristiwa penembakan dan juga kekerasan yang mengakibatkan tewasnya almarhum Brigadir Yoshua Hutabarat (Brigadir J)," sebut Kamaruddin Simanjuntak, pengacara keluarga Brigadir J.

RAKYATKU.COM, MEDAN - Bareskrim Mabes Polri menyebut Bharada E bukan dalam rangka membela diri saat menembak Brigadir J hingga tewas. Hal ini menjadikan pengacara keluarga Brigadir J makin yakin bahwa tidak ada baku tembak dalam peristiwa itu.

"Selanjutnya dengan pernyataan dari Bareskrim Polri bahwa yang dilakukan oleh Bharada Richard Eliezer (Bharada E) bukan merupakan pembelaan diri (nodweer) semakin menguatkan apa yang kami selaku kuasa hukum yakini bahwa tidak ada peristiwa tembak menembak," kata salah seorang pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, Rabu (3/8/2022) malam.

Kamaruddin menduga peristiwa yang terjadi di rumah Irjen Ferdy Sambo adalah penembakan dan kekerasan terhadap Brigadir J. "Dan (diduga) yang terjadi adalah peristiwa penembakan dan juga kekerasan yang mengakibatkan tewasnya almarhum Brigadir Yoshua Hutabarat (Brigadir J)," sebutnya.

Baca Juga : Ferdy Sambo Diperiksa Perdana sebagai Tersangka di Mako Brimob

Sebelumnya, tim Khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menetapkan Bharada E sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol. Andi Rian mengungkapkan, Bharada E melakukan penembakan bukan untuk pembelaan diri.

 

"(Bharada E dijerat) Pasal 338 Jo 55 dan 56 KUHP, jadi bukan bela diri," ujar Andi Rian di Bareskrim Polri, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga : Ferdy Sambo Jadi Tersangka, Komisi III DPR RI: Kapolri Tidak Menciderai Hati Nurani Masyarakat

Bharada E ditetapkan tersangka dengan Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan. Dia juga dikenakan Pasal 55 dan 56 KUHP yang berarti, Bharada E bukan pelaku tunggal dalam pembunuhan itu.

Sponsored by MGID

Usai ditetapkan sebagai tersangka, Bharada E langsung ditahan.

Sumber: Detik

#Bharada E #Brigadir J #Irjen Ferdy Sambo