Sabtu, 30 Juli 2022 09:50

Kanwil DJP SulselBartra Gelar Aksi Sosial di Pulau Samalona

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kanwil DJP SulselBartra Gelar Aksi Sosial di Pulau Samalona

Pulau Samalona yang terletak di Selat Makassar dipilih menjadi lokasi DJP Peduli karena memiliki potensi daya tarik wisata yang dapat dikembangkan menjadi salah satu alternatif destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun manca negara selain wisata kuliner.

RAKYATKU.COM -- Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbartra) melaksanakan kegiatan DJP Peduli dalam rangka memperingati Hari Pajak tahun 2022 sekaligus menyambut perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Aksi Sosial Pajak Peduli Lingkungan yang dilangsungkan di Pulau Samalona, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (28/07/2022)

Pulau Samalona yang terletak di Selat Makassar dipilih menjadi lokasi DJP Peduli karena memiliki potensi daya tarik wisata yang dapat dikembangkan menjadi salah satu alternatif destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun manca negara selain wisata kuliner.

Baca Juga : PT Vale Raih Pajak Award dari Kanwil DJP Sulselbartra, Kontribusi PPN-PPh Tertinggi di 2022

Pulau yang menjadi kebanggaan masyarakat Makassar ini perlu dijaga kebersihannya oleh berbagai pihak untuk mempertahankan keindahan dan kelestarian alamnya.

Kegiatan ini diselenggarakan Kanwil DJP Sulselbartra bersama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah Kota Makassar Raya yakni KPP Madya Makassar, KPP Pratama Makassar Barat, KPP Pratama Makassar Selatan, dan KPP Pratama Makassar Utara dengan total relawan aksi sosial terdiri dari 81 peserta. Rombongan relawan berangkat menuju Pulau Samalona dengan menggunakan 11 perahu mesin.

Dalam kegiatan ini, para relawan melaksanakan aksi peduli lingkungan dengan melakukan kegiatan pemungutan dan pembersihan sampah plastik di area pantai dan lingkungan tempat tinggal warga setempat serta memperbaiki papan petunjuk untuk menjaga lingkungan.

Baca Juga : Catat Pertumbuhan Signifikan 27,4 Persen (yoy) Kanwil DJP Sulselbar Berhasil Himpun Penerimaan Pajak Sebesar Rp18,26 Triliun

Kepala Kanwil DJP Sulselbartra Arridel Mindra turut ikut serta memimpin langsung kegiatan ini, ia menyampaikan sambutan pada para relawan dan masyarakat setempat sebelum kegiatan Aksi Sosial Pajak Peduli Lingkungan dimulai.

"Aksi sosial ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada lingkungan dan masyarakat, dan aksi ini dilaksanakan pula untuk mendekatkan pajak pada masyarakat," ujar Arridal Mindra

Selanjutnya Arridel mewakili Kanwil DJP Sulselbartra secara simbolis dan menyerahkan bantuan sosial berupa peralatan kebersihan, tempat sampah, perlengkapan ibadah dan sembako kepada tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga : Penerimaan PPS Kanwil DJP Sulselbartra Capai Rp363 Miliar

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sulselbartra Eko Pandoyo Wisnu Bawono yang juga ambil bagian pada kegiatan ini berharap pelaksanaan Aksi Sosial Pajak Peduli Lingkungan memberikan beragam manfaat pada banyak pihak.

Menurut Eko, selain dapat membantu masyarakat di Pulau Samalona dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya, aksi sosial ini juga dapat menanamkan kesadaran peduli lingkungan pada pegawai DJP.

"Aksi sosial ini menjadi wujud pelaksanaan program untuk meningkatkan hubungan baik DJP dengan masyarakat umum," jelasnya. (*)

Penulis : Lisa Emilda
#Kanwil DJP Sulselbartra