Selasa, 05 Juli 2022 23:17

Pemprov Sulsel Apresiasi Kinerja PT SCI

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemprov Sulsel Apresiasi Kinerja PT SCI

"Harapan tersebut harus dilandasi pada prinsip tranparansi, akuntabilitas, independensi dan kewajaran”

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2022, Selasa (5/7/2022).

Rapat tersebut dihadiri para direksi, komisaris dan pemegang saham PT SCI (Perseroda) Sulsel. Adapun Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang diwakili Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Andi Sumardi Sulaiman.

Andi Sumardi dalam kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih kepada para direksi, komisaris, dan segenap manajemen yang telah bekerjasama memperkuat eksistensi PT SCI selaku BUMD yang berorientasi pada kontribusi dan pembangunan Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Butuh Tenaga Perencana Ahli Utama

Ia juga menyebut, PT SCI diharapkan lebih berkinerja optimal serta menstimulus fungsinya sebagai agent of development dan agent of profit.

“Harapan tersebut harus dilandasi pada prinsip tranparansi, akuntabilitas, independensi dan kewajaran,” kata Sumardi.

Dengan demikian, lanjut kakak kandung Gubernur Sulsel saat ini tersebut, sebagai pemegang saham mayoritas, Gubernur menyetujui laporan kinerja tahunan PT SCI tahun 2021 dan agenda RKAP tahun 2022 yang di dalamnya menyetujui koreksi setoran modal dasar Pemrov pada PT SCI seiring dengan peningkatan status Perusda menjadi Perseroda.

Baca Juga : Rekonstruksi Ruas Pekkae - Takkalalla Jadi Prioritas Gubernur Sulsel

Sementara itu, Yasir Machmud selaku Direktur Utama PT SCI menyampaikan bahwa Januari-Juni 2021, pihaknya memberikan catatan kerugian Rp 2,2 miliar kepada era almarhum Taufik Fachruddin. Hal itu sesuai dengan hasil audit Inspektorat.

Sponsored by MGID

“Hal tersebut menjadi pemicu bagi kami untuk bekerja keras dan cerdas untuk kemajuan PT SCI. Dengan kerja bersama seluruh manajeman perusahaan, melalui reformasi kinerja yang menjadi landasan kebijakan PT SCI, akhirnya paruh kedua tahun 2021 terhitung sejak Juli (awal kami diangkat menjadi direksi) hingga Desember 2021 kinerja PT SCI mampu membukukan laba Rp 5,1 miliar,” kata Yasir.

Sepanjang sejarah perjalanan Perusda/Perseroda baru kali ini melakukan setoran pajak penghasilan sebesar Rp 570 juta dan keuntungan Rp 2,9 miliar sebelum pajak sehingga laba bersih setelah pajak menjadi Rp 2,3 miliar.

Baca Juga : Laksanakan Arahan Presiden, Andi Sudirman Dukung dan Kampanyekan Pengunaan Produk Lokal

Yasir Machmud juga menyampaikan berita gembira dengan terpilihnya PT SCI sebagai mitra sejajar BUMN dalam hal ini PT KAI dalam pengelolaan Kereta Api Makassar-Pare nantinya.

 

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman