Minggu, 31 Juli 2022 16:20

Lewat Musda IV, Andi Page Terpilih Jadi Ketua APDÉSI Wajo 2022-2027

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lewat Musda IV, Andi Page Terpilih Jadi Ketua APDÉSI Wajo 2022-2027

Dari 142 Kades se-Kabupaten Wajo ini, sebanyak 139 yang hadir untuk memberikan hak suaranya.

RAKYATKU.COM, WAJO -- Kepala Desa Temmabarang, Kecamatan Penrang, Andi Page terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Wajo, Sulsel masa bakti 2022-2027.

Dalam acara Musyawarah Cabang (Muscab) IV APDESI Wajo, dalam menentukan Ketua APDESI berlangsung hingga Minggu dini hari (31/7/2022) di Sallo Hotel Sengkang.

Pemilihan ketua APDESI ini dimulai pukul 20.00 Wita, hingga berakhir dini hari 02.24 Wita. Sebelumnya, dua kandidat calon ketua yang maju, yaitu Andi Page (Kades Temmabarang) dan Asri Prasad Mak'sud (Kades Tosora), terlebih dahulu dipersilahkan mencabut nomor urut peserta dan sekaligus membacakan visi misi masing-masing. Dari pencabutan nomor urut, Andi Page mendapatkan nomor urut 1 dan Asri Prasad Mak'sud nomor urut 2.

Baca Juga : Kabupaten Wajo Komitmen Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis P2HAM

Dari 142 Kades se-Kabupaten Wajo ini, sebanyak 139 yang hadir untuk memberikan hak suaranya. Dalam perhitungan suara sempat di warnai insiden kecil dikarenakan hasil perolehan suara kedua kandidat masing-masing mendapatkan 68 suara (seri) dan tiga suara dinyatakan batal.

Hujan intrupsi terjadi saat kedua pendukung calon berdebat soal pengusulan untuk menentukan siapa yang berhak menjadi ketua. Bahkan perhitungan suara sempat dilakukan kembali karena dinilai ada keganjalan dan hasilnya tetap sama masing-masing kedua calon mendapatkan suara sama yaitu 68 dan tiga suara dinyatakan batal.

Pihak panitia pelaksana sendiri meminta waktu 10 menit dengan mengusulkan agar kedua kandidat bisa merembuk untuk mencari solusi win-win solution yang bisa saling menguntungkan. Namun kedua kandidat juga gagal berembuk dan tak satupun kandidat mau legowo.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo ke 625 Digelar di Lapangan Merdeka

Dan pada akhirnya pihak panitia menemukan solusi dan disepakati oleh semua peserta yang hadir agar di lakukan lempar koin uang logam. Hasil lempar koin tersebut akhirnya Andi Page dinyatakan sebagai Ketua APDESI terpilih yang sah.

Terpilih sebagai ketua organisasi yang menaungi para kepala desa dan aparat desa itu, Andi Page mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang memberikan amanah kepemimpinan kepadanya.

'Kedepan kita akan melakukan koordinasi dan menyusun program kerja agar organisasi ini dapat berjalan bersama-sama tentunya untuk mengayomi atau mengakomodir para anggota guna mendukung pemerintahan desa," ujarnya.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

Andi Page juga berharap, mudah-mudahan melalui APDESI ini dapat berkontribusi besar untuk kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Wajo.

Sementara Ketua Pelaksana Muscab APDESI Wajo, Andi Syamsurida, mengatakan apa yang kita hasilkan di Muscab APDESI ini dalam menentukan ketua APDESI yang baru adalah hasil kesepakatan kita bersama.

Untuk itu dia sangat berterima kasih kepada seluruh peserta Muscab karena acara tersebut bisa berjalan aman dan lancar hingga acara usai.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#Apdesi Wajo #pemkab wajo