Sabtu, 30 Juli 2022 19:18

Kalla Dorong Pengembangan UMKM dalam Gernas BBI Sulbar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
 Branch Manager Kalla Toyota Mamuju, Ariyanto Arifin (tengah), saat berbincang terkait program pengembangan UMKM di Sulawesi Barat di Hotel d'Maleo, Sabtu (30/7/2022).
Branch Manager Kalla Toyota Mamuju, Ariyanto Arifin (tengah), saat berbincang terkait program pengembangan UMKM di Sulawesi Barat di Hotel d'Maleo, Sabtu (30/7/2022).

"Selama ini Kalla memang memiliki berbagai program yang membantu pengembangan UMKM. Oleh karena itu, kami berharap mereka bisa memanfaatkan momen Gernas BBI ini dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas produknya," kata Ariyanto Arifin, Branch Manager Kalla Toyota Mamuju.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla turut berkontribusi dalam pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Mamuju, Sulawesi Barat, 29-30 Juli 2022. Keberlanjutan dari program inipun akan terus didukung untuk membantu pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Branch Manager Kalla Toyota Mamuju, Ariyanto Arifin, mengatakan, salah satu bentuk dukungan Kalla dalam kegiatan ini ialah memberikan fasilitator yang dapat membantu para pelaku UMKM pada workshop Gernas BBI Sulbar. Hal ini dinilai sangat penting untuk meningkatkan kapasitas para peserta yang jumlahnya mencapai ratusan orang, baik secara daring maupun luring.

"Selama ini Kalla memang memiliki berbagai program yang membantu pengembangan UMKM. Oleh karena itu, kami berharap mereka bisa memanfaatkan momen Gernas BBI ini dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas produknya. Sehingga, kita bisa bekerja sama dengan mengajak pelaku UMKM di Sulawesi Barat untuk ikut berpartisipasi pada event-event yang digelar Kalla nantinya," ungkap Ariyanto dalam keterangannya, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga : Promo Merdeka OtoXpert, Servis hingga Ganti Suku Cadang dengan Harga Terjangkau

Tak hanya itu, Kalla menindaklanjuti program dengan merencanakan workshop lanjutan yang bakal digelar Agustus 2022. Materi dan praktik yang akan mendorong para pelaku UMKM dalam memaksimalkan berbagai channel digital untuk mempromosikan produknya.

Sementara itu, fasilitator UMKM Yayasan Hadji Kalla (YHK), Rezky Andayani, mengatakan pengembangan UMKM mesti didukung dengan pengemasan produk yang kreatif. Namun, mereka juga mesti memperhatikan sisi lingkungan.

"Yayasan Hadji Kalla konsisten mendukung pengembangan UMKM khususnya dalam mengampanyekan bagaimana mengemas produk yang kreatif dan ramah lingkungan. Hal ini sangat menjadi perhatian kami melihat limbah plastik yang semakin meningkat dan menjadi penyumbang terbesar jumlah sampah nasional," kata Rezky.

Baca Juga : Webinar Spesial Kemerdekaan RI, Kalla Startup Hunt Ulas Beragam Inovasi untuk Indonesia

Selain itu, YHK juga mendorong pelaku UMKM untuk menciptakan eco-product yang berbahan dasar limbah alam. Sudah banyak contoh yang bisa ditemui, mulai dari gelas yang terbuat dari bambu dan batok kelapa hingga wadah pengganti kantong plastik yang terbuat dari daun lontar.

#Kalla Group #Kalla Toyota Mamuju