Kamis, 28 Juli 2022 17:50

Didampingi Wakil Ketua, Rapat Paripurna APBD Dibuka Ketua DPRD Jeneponto

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Didampingi Wakil Ketua, Rapat Paripurna APBD Dibuka Ketua DPRD Jeneponto

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan umum penyampaian laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD adalah untuk dapat menyajikan informasi mengenai posisi keuangan daerah

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jeneponto, mengadakan rapat paripurna tingkat II tentang pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD) Jeneponto tahun 2021.

Rapat Paripurna tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPRD Jeneponto H. Arifuddin, yang didampingi Wakil Ketua II Imam Taufiq dan Wakil Ketua I Irmawati Zainuddin. Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar hadiri dalam rapat didampingi Wabup Paris Yasir.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan umum penyampaian laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD adalah untuk dapat menyajikan informasi mengenai posisi keuangan daerah.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Penyusunan Laporan Pertanggung jawaban Pelaksanaan APBD pada dasarnya merupakan realisasi keuangan secara nyata dari pelaksanaan pokok- pokok kebijakan dan program kerja yang telah dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda).

"Pada hakikatnya memuat seluruh realisasi penerimaan dan pengeluaran yang telah dipertanggungjawabkan oleh masing-masing organisasi perangkat daerah pemakai anggaran," jelasnya.

Ia melanjutkan, penjelasan umum mengenai realisasi pendapatan dan belanja Pemerintah Kabupaten Jeneponto untuk tahun anggaran 2021 sebagai salah satu wujud bentuk laporan pertanggungjawaban Pemerintah.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Sedangkan penjelasan terinci dapat dilihat pada Nota Pengantar Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Pemerintah Kabupaten Jeneponto Tahun 2021.

"Akhirnya pada kesempatan ini kami ucapan terima kasih kepada Ketua Dewan yang terhormat dan seluruh anggota DPRD serta semua pihak yang menunjukkan kepedulian terhadap pembahasan RAPBD Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021," tutup Iksan Iskandar.

 

Penulis : Samsul Lallo
#DPRD Jeneponto #Pemkab Jeneponto #Bupati Jeneponto #ketua dprd jeneponto