Selasa, 26 Juli 2022 16:58

Dosen FKIP UIM Raih Doktor di UIN Alauddin Makassar

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dosen FKIP UIM Raih Doktor di UIN Alauddin Makassar

Wahyullah yang merupakan dosen prodi PGSD FKIP UIM berhasil mempertahankan disertasi di depan penguji yang berjudul "Implementasi Pembelajaran Daring Sekolah Dasar di Kota Makassar".

RAKYATKU.COM -- Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM) Wahyullah Alannasir berhasil meraih gelar doktornya di Universitas Islam Alauddin (UIN) Makassar

Ujian Promosi Doktor Wahyullah Alannasir, digelar di Aula Madani PPG Kompleks Pesantren Madani Kampus 3 UIN Alauddin Makassar, Jalan Bontotangnga Pao Pao Kabupaten Gowa, Senin, (25/7/2022)

Wahyullah yang merupakan dosen prodi PGSD FKIP UIM berhasil mempertahankan disertasi di depan penguji yang berjudul "Implementasi Pembelajaran Daring Sekolah Dasar di Kota Makassar".

Baca Juga : 48 Mahasiswa KKN-T FKIP UIM Siap Jadi Agen Enterpreneur Masyarakat

Sidang Promosi Doktor tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar bapak Prof. Dr. H.M. Ghalib, yang didampingi oleh Promotor yakni Prof. Dr. H.M. Natsir Mahmud, selaku promotor, Dr. Hj. St. Syamsudduha, selaku kopromotor, Prof. Dr. Muhammad Yaumi, selaku penguji I, Dr. H. A. Marjuni, selaku penguji II, Dr. KH. Afifuddin Harzah, selaku penguji III, dan Dr. Sarifa Suhra, selaku penguji eksternal.

Dalam pemaparannya, Wahyullah Alannasir mempresentasikan temuan dari riset yang telah dilakukan seperti perencanaan pembelajaran pada sekolah yang diteliti, penilaian proses belajar pada peserta didik dalam pembelajaran daring dan Interaksi yang terjadi pada sekolah yang diteliti baik interaksi antar peserta didik, antara guru dan peserta didik, antara guru dan orangtua, antara peserta didik dan orangtua menunjukkan interaksi satu arah dan dua arah (timbal balik).

Seusai menjawab semua pertanyaan dan sanggahan dewan penguji, Dosen Universitas Islam Makssar tersebut dinyatakan lulus dengan IPK 3,87 atau predikat kelulusan Sangat Memuaskan.

Baca Juga : UIM Lepas 30 Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa MBKM Angkatan I 2021

Prof. Dr. H.M. Natsir Mahmud, selaku promotor menyatakan salut dan bangga kepada Dr. Wahyullah Alannasir karena topik disertasi ini telah dipresentasikan dengan baik dan beliau berharap agar riset ini di manfaatkan untuk perbaikan mutu dan kualitas pendidikan khususnya di Kota Makassar serta terus dikembangkan dimasa yang akan datang

Badruddin Kaddas, sebagai dekan FKIP UIM yang turut hadir dalam promosi tersebut mengungkapkan bahwa ia sangat bahagia dan bangga atas capaian yang telah diperoleh Wahyullah Alannasir sebagai salah satu dosen FKIP meraih gelar tertinggi pendidikan atau maha terpelajar yang ditempuh hanya dalam waktu 2 tahun 7 bulan dan berhasil meraih gelar doktor di usia 32 tahun.

Saat ini kata Badruddin, kurang lebih ada 20 orang dosen FKIP UIM yang sementara lanjut S3 di beberapa kampus terkemuka di Indonesia khususnya di Kota Makassar dan Insya Allah dalam waktu dekat menyusul beberapa orang akan segera menyelesaikan studi.

Baca Juga : Terima Mahasiswa Inbound dari Jawa dan Sumatra, Rektor UIM: Ahlan Wa Sahlan di Kampus Qurani Kampus Aswaja

"Insya Allah pada tahun 2025 semua dosen yang lanjut studi menyelesaikan studinya sehingga pada tahun 2025 FKIP UIM akan memiliki 90 persen dosen yang berkualifikasi doktor," ucap Badruddin yang merupakan Doktor dari Negeri Jiran tersebut.

#UIM Makassar