Selasa, 19 Juli 2022 13:25

Pangdam XIV/Hasanuddin Dukung Pelaksanaan Kenduri 77

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pangdam XIV/Hasanuddin Dukung Pelaksanaan Kenduri 77

Kenduri 77 bahkan akan jadi gelaran kolaborasi antara seniman, budayawan, aktivis, komunitas, ormas kepemudaan, keluarga veteran dengan TNI dan Polri.

RAKYATKU.COM -- Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, mendukung pelaksanaan Kenduri 77 yang digagas sejumlah tokoh Sulawesi Selatan.

Kenduri 77 bahkan akan jadi gelaran kolaborasi antara seniman, budayawan, aktivis, komunitas, ormas kepemudaan, keluarga veteran dengan TNI dan Polri.

Dukungan dari jenderal bintang dua itu diberikan saat panitia Kenduri 77 melaksanakan audiensi di rumah jabatan Pangdam XIV/Hasanuddin, di Jalan Sungai Tangka, Makassar, Senin, 18 Juli 2022. Hadir saat itu Asmin Amin dan Andi Agung Iskandar.

Baca Juga : Kodim Gowa Kini Miliki Rumah Dinas Baru

Kenduri 77 yang diadakan guna merayakan 77 tahun Indonesia merdeka ini bertema "Muliakan Pahlawan". Ketua Panitia Pelaksana Kenduri 77 adalah Andi Ilhamsyah Mattalatta, sedangkan wakil ketuanya Dr Andi Jaya Sose.

Pertemuan teknis selanjutnya diadakan antara Panitia Kenduri 77 dengan Aster Kasdam XIV/Hasanuddin, Kolonel Arh Wirawan Yanuartono, Panitia Kenduri 77 diwakili oleh Asmin Amin dan Andi Agung Iskandar. Hadir pula pengurus Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), masing-masing Syamsir (Ketua), Alam (Sekum), dan Mawanto.

Tujuan kegiatan Kenduri 77 antara lain menjadikan hari Proklamasi RI sebagai kebanggaan seluruh rakyat, khususnya bagi para veteran dan keluarganya.

Baca Juga : Ketua DPRD Wajo Sambut Kedatangan Pangdam XIV/Hasanuddin

Juga menjadikan momentum peringatan Proklamasi RI untuk refleksi dan introspeksi diri bagi segenap komponen bangsa. Sehingga dapat menjadi spirit dalam melanjutkan cita-cita para pejuang dan pendiri bangsa.

Pertemuan dengan Kodam XIV/Hasanuddin menyepakati sejumlah item kegiatan. Yakni lomba cipta dan baca puisi, festival cipta lagu, pameran lukisan, 77 kanvas coretan tokoh, serta pendakian dan pemasangan sang saka Merah Putih 77 meter di Gunung Bawakaraeng. Tim pendakian ini menyatu dengan tim Kodam XIV/Hasanuddin.

Juga akan ada pemasangan sang saka Merah Putih di Tebing Mandu, Desa Tontonan, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.

Baca Juga : Bupati Gowa Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama

Kegiatan lainnya berupa testimoni masyarakat dan para pejuang yang akan disebar melalui berbagai platform digital, dan tudang sipulung lintas generasi.

Selain itu mengikuti pelaksanaan upacara bendera, dengan menitikberatkan pada konsep muliakan pahlawan, sesuai tema kegiatan.

Setelah pelaksanaan upacara, diadakan pawai oleh Indonesia OffRoad Federation (IOF), dengan mengajak para veteran dan keluarganya berkeliling Kota Makassar. Masih ada lagi kegiatan napak tilas (touring) jejak pahlawan dari Makassa ke Takalar.

Baca Juga : Pangdam XIV Hasanuddin Berkunjung ke Barru, Suardi Saleh: Semoga Membawa Berkah dan Manfaat

Seluruh acara Kenduri 77 yang bernunsa pesta rakyat, sekaligus menggambarkan kemanunggalan TNI dan rakyat ini akan diakhiri dalam sebuah acara ramah tamah. (*)

#Kenduri 77 #Pangdam XIV Hasanuddin