Kamis, 14 Juli 2022 23:36

Pegadaian Wilayah VI Berhasil Kumpulkan Laba Semester 1/2022 Sebesar Rp452 Miliar

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pegadaian Wilayah VI Berhasil Kumpulkan Laba Semester 1/2022 Sebesar Rp452 Miliar

Penyebab keberhasilan di semester I/2022, ia ungkapkan bahwa pegadaian telah memiliki 6796 agen dengan total omset yang berhasil dikumpulkan agen pegadaian sebesar Rp548,68 M.

RAKYATKU.COM -- PT. Pegadaian Wilayah VI ungkap kinerja positif selama semester I/2022 jika dibandingkan semester yang sama tahun lalu 2021 pada acara media gathering di salah satu cafe di Jalan Pelita Raya, Kamis (14/7/2022).

Kepala Humas dan Protokol PT Pegadaian wilayah VI, Gunawan memperkenalkan Kepala Departemen Bussiness Support, Nur Fadli, Kabag Jaringan Distribusi dan Layanan,Tiar Arisandi, Kabag Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, Yasim Miala yang turut hadir pada acara media gathering.

Ia juga menjelaskan Pegadaian wilayah VI membawahi tujuh kantor area, 403 outlet, 1309 pegawai.

Baca Juga : PT Pegadaian Gandeng Perusahaan Sekuritas Ternama Luncurkan Obligasi dan Sukuk

Sambil menikmati menu makan siang Kepala Departemen Bussiness Support, Nur Fadli memaparkan pencapaian yang diraih selama semester I/2022 yaitu, pertumbuhan nasabah aktif pertanggal 31 juni 2022 mencapai 822.689 dan total laba yang terkumpul sebesar Rp452 M.

Penyebab keberhasilan di semester I/2022, ia ungkapkan bahwa pegadaian telah memiliki 6796 agen dengan total omset yang berhasil dikumpulkan agen pegadaian sebesar Rp548,68 M.

"Untuk semester ke-2 tentunya kami ingin ada pertumbuhan agen Pegadaian, oleh karena itu kami akan membuka cabang dan agen pegadaian di kepulauan sehingga masyarakat lebih mudah untuk menjangkau, selain itu ada layanan agen 24 jam," terangnya.

Baca Juga : Waspada! Investasi Bodong Semakin Menggeliat Jelang Pembayaran THR

Selain membuka cabang dan agen di daerah kepulauan, pegadaian juga telah berkolaborasi dengan BRI.

"Jadi setiap Kantor cabang BRI ada outlet pegadaian yang memudahkan nasabah BRI untuk menggunakan layanan pegadaian," ucapnya.

Seperti bank konvensional, pegadaian juga mengeluarkan program bantuan dana kredit usaha mikro (KUR) yang terbagi dalam tiga jenis yaitu KUR untuk pengusaha mikro dengan limit pinjaman maksimal Rp10 juta, KUR untuk pengusaha mikro dengan limit mulai 10-100 juta dan KUR untuk pengusaha kecil dengan limit mulai 100-200 juta.

Baca Juga : 2022, Laba Bersih Pegadaian Tumbuh 36 Persen

Dengan program-program dari pegadaian untuk masyarakat, diharapkan bisa semakin membuktikan eksistensi pegadaian dalam membantu masyarakat, selain enam strategi yg dilakukan Pegadian seperti:

1. Ekspansi pasar mikro, bagaimana solusi modal usaha bisa dilayani dengan KUR syariah.

2. Ekspansi dari sisi layanan, kami akan membumikan magna investasi mulai dari 0.5gram masyarakat sudah bisa investasi.

Baca Juga : Awas Penipuan! PT Pegadaian Tidak Sedang Buka Lowongan Kerja

3. Menyasar sekolah dan kampus, bagaimana sejak dini mulai belajar investasi walaupun nilainya kecil.

4. Membuka layanan 24 jam.

5. Membuka pasar baru yang sulit dijangkau /blank spot yang belum ada pegadaian sama sekali.

Baca Juga : Sediakan Rumah untuk Karyawan Internal, Pegadaian Kanwil Makassar Gandeng PT. EMS Land Propertindo

6.Melakukan referal bisnis.

Kepala bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, Yasim Miala juga memaparkan apa yang telah dilakukan timnya selama semester I/2022 bahwa untuk program bina lingkungan telah berhasil menyalurkan dana bantuan total sebesar Rp585.190.000 yang masing-masing disalurkan untuk pengentasan kemiskinan, bencana alam, pendidikan dan pelatihan, Kesehatan, sarana umum dan sarana ibadah.

Penulis : Lisa Emilda
#PT Pegadaian