Rabu, 13 Juli 2022 18:41

Kalla Future Leaders 2022, Siapkan Calon Pemimpin Masa Depan Indonesia

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kalla Future Leaders 2022, Siapkan Calon Pemimpin Masa Depan Indonesia

Program Kalla Future Leaders sendiri merupakan kompetisi bisnis pertama di Indonesia Timur yang terbuka untuk seluruh mahasiswa tingkat akhir hingga fresh graduate di Indonesia untuk mengasah problem solving dan business acumen skills.

RAKYATKU.COM -- Setelah sukses melaksanakan event Kalla Goes to Campus pada beberapa Top University di Indonesia seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Teknologi Bandung pada Mei-Juni lalu, program Kalla Future Leaders yang menjaring seluruh mahasiswa di Indonesia berhasil menjaring 6 Tim terbaik dari berbagai Universitas ternama pada babak Grand Final yang berlangsung selama 3 hari, dari 11-13 Juli 2022 di Kota Makassar.

Program Kalla Future Leaders sendiri merupakan kompetisi bisnis pertama di Indonesia Timur yang terbuka untuk seluruh mahasiswa tingkat akhir hingga fresh graduate di Indonesia untuk mengasah problem solving dan business acumen skills.

Setiap team sendiri terdiri dari 5 anggota dari Universitas yang sama. Enam Tim yang berhasil lolos ke babak Grand Final berasal dari total 263 tim yang melakukan registrasi dari seluruh Indonesia.

Baca Juga : Hari Pertama KYF 2022, Wali Kota Makassar Beri Motivasi ke Anak Muda

263 tim tersebut kemudian ditantang membuat Sales & Marketing Campaign Idea dan Communication Channel Idea dari salah satu unit bisnis KALLA yaitu Bugis Waterpark Adventure yang merupakan bagian dari PT. Baruga Asrinusa Development.

Dari 263 tim, disaring menjadi 30 tim dengan project terbaik ke tahap Semifinal untuk membuat analisa bisnis yang lebih dalam lagi mulai dari Sales & Marketing Campaign Idea, Communication Channel serta Strategi Ekspansi dan Investasi dalam bentuk video presentasi untuk dua bisnis KALLA lainnya itu Otoxpert oleh Kalla Automotive dan Semen Mortar oleh Kalla Beton.

“Akhirnya setelah seleksi yang begitu ketat, kita sampai pada tahap Grand Final mempertemukan 6 Tim terbaik dari Top University di Indonesia yaitu 2 team dari Universitas Indonesia, 2 team dari Institut Teknologi Bandung, 1 team dari Universitas Hasanuddin dan 1 team dari Politeknik Negeri Ujung Pandang. Ke-Enam team tersebut kami undang ke Makassar dan KALLA untuk melakukan boot-camp persiapan menuju babak final yaitu presentasi ke Board of Director Kalla Group,” ujar Disa R Novianty selaku People & Performance Director KALLA.

Baca Juga : Bukit Baruga Beri Promo Serah Terima Kunci Selama September

Para Grandfinalist tersebut mengikuti serangkaian kegiatan seru selama berada di kota Makassar mulai dari Opening Ceremony, yang dilanjutkan dengan Kunjungan Industri ke 2 unit bisnis Kalla Group yakni Otoxpert dari Kalla Automotive dan Kalla Beton.

Sponsored by MGID

Mereka juga mengikuti serangkaian kegiatan sharing session seperti Inspiration Talks oleh Mantan Wakil President RI ke 10 dan 12 sekaligus founder KALLA yaitu Jusuf Kalla serta CEO Talks yang dibawakan oleh Board of Director KALLA.

Peserta juga mengikuti Business Simulation Celemi Apples & Orange by NuPMK Consulting. Pada sesi tersebut para peserta juga ditantang meningkatkan skill business acumen tidak hanya dari Internal Bisnis KALLA namun membahas satu case bisnis tertentu yang harus mereka kembangkan menjadi sebuah bisnis yang growth & sustainable.

Baca Juga : Kalla Youth Fest 17-18 September di NIPAH, Ruang Kolaborasi Industri Kreatif, Musik, dan Hobi

“Jadi program Kalla Future Leaders merupakan kompetisi untuk mengasah problem solving dan business acumen skill dari para peserta yang menjadi salah satu skillset untuk menjadi pemimpin masa depan. Tidak hanya untuk KALLA dan unit bisnisnya, tapi dimanapun nantinya para peserta akan berkarir, ilmu dari program Kalla Future Leaders ini dapat tetap bermanfaat ketika menjadi seorang Leaders di masa yang akan datang,” sambung Disa.

Pada hari ketiga, para peserta memasuki tahap terakhir untuk melakukan final presentation ke Board of Director KALLA sesuai dengan business case yang telah dibagi ke masing-masing team.

Pada sesi terakhir, pemenang Kalla Future Leaders juga akan diumumkan bersamaan dengan gala dinner dan closing ceremony. Sebelumnya para grand finalist juga diberikan fasilitas untuk menikmati wisata kuliner dan city tour.

Baca Juga : Toyota Trust Laporkan Kenaikan Penjualan 15 Persen Selama Agustus

Para Grandfinalist mendapatkan banyak benefit eksklusif diantaranya kesempatan untuk mendapatkan training senilai puluhan juta Rupiah.

Kemudian grandprize juara pertama sebesar 20 Juta Rupiah, juara kedua sebesar 10 Juta Rupiah, juara ketiga sebesar 5 Juta Rupiah. Tidak sampai disitu, ketiga tim terbaik juga akan mendapatkan Golden Ticket untuk mengikuti Program Management Trainee.

Belinda Azzahra Irwan Putri, salah satu peserta dari Universitas Indonesia (Wallstreet team) mengungkapkan bahwa mereka tertarik mengikuti Kalla Future Leaders karena merupakan salah satu kompetisi bisnis yang unik karena menyediakan sesi bootcamp dan kunjungan langsung sehingga lebih challenging.

Baca Juga : Kalla Toyota Akan Hadirkan Talkshow Tips Mengemudi Mobil Hemat BBM

Nurfadilah M. Rajab dari Universitas Indonesia (Kalla Youth Team) juga menjelaskan bahwa KALLA memiliki unit bisnis yang beragam dan terbesar di Indonesia Timur.

“Hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan karena 4 orang dari tim kami adalah anak rantau dari Sulawesi Selatan sehingga kami tergerak untuk mengembangkan perusahaan dan potensi ekonomi di Sulawesi Selatan melalui join program ini,” terangnya.

Dua perwakilan tuan rumah, yaitu Inayah Chintaki Makmur Zainuddin dari Politeknik Negeri Ujung Pandang (Prosa Team) juga merasa sangat termotivasi pada saat sesi Inspirational Talks dari Jusuf Kalla.

Baca Juga : Kalla Toyota Akan Hadirkan Talkshow Tips Mengemudi Mobil Hemat BBM

“Kami merasa sangat surprised dengan kedatangan bapak Jusuf Kalla dan sangat excited dengan sharing beliau. Tentu menjadi motivasi untuk kami agar terus berkarya demi kemajuan bersama,” ujarnya.

Nur Islamiyah Angraeni dari Universitas Hasanuddin juga merasa bangga dapat kesempatan langka untuk mendengarkan cerita pengalaman bisnis dari Jusuf Kalla yang dapat membangun bisnisnya yang terus eksis hinggaa saat ini.

Falih Zuhdi Rizqullah dari Institut Teknologi Bandung (Laka Team) mengungkapkan tidak hanya untuk kepentingan final project, kegiatan selama 3 hari ini berhasil membuat kami lebih dekat dengan dunia bisnis dan tantangan apa yang perlu kami solve sebagai future leaders.

Baca Juga : Kalla Toyota Akan Hadirkan Talkshow Tips Mengemudi Mobil Hemat BBM

Tidak jauh berbeda, Muhammad Anaf Abid, dari Institut Teknologi Bandung (Sukaria 4 team) juga mengungkapkan bahwa mereka cukup beruntung mendapatkan pengalaman eksklusif selama 3 hari untuk lebih dekat dengan bisnis KALLA.

“Apa yang kami dapatkan dari Program Kalla Future Leaders banyak yang tidak kami dapatkan di kelas perkuliahan sehingga terlepas apapun hasilnya nanti, pengalaman ini sangat berharga buat kami. Terima kasih KALLA,” jelasnya.

Penulis : Lisa Emilda
#Kalla future Leaders #Kalla Group