Rabu, 13 Juli 2022 16:37

Ternyata Anies Baswedan Jago Potong Hewan Kurban

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto / Instagram Anies Baswedan
Foto / Instagram Anies Baswedan

"Jago motong hewan berarti sudah menguasai ilmu, syarat dan hukumnya. Ga sabar nunggu bapak jadi RI terus jadi Imam Idul Fitri & Idul Adha di Mesjid Istiqlal"

RAKYATKU.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi fasilitas Rumah Potong Hewan (RPH) Dharma Jaya di Cakung, Jakarta Timur, meninjau langsung proses pemotongan hewan kurban.

Anies berkunjung ke RPH usai salat Ied di Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (10/7/2022).

Kunjungan ke RPH tersebut dibagikan Anies Baswedan melalui akun Instagram miliknya. Dalam 10 foto yang diunggah, salah satu foto memperlihatkan Anies sedang memotong sapi kurban.

Baca Juga : Diberi Gelar Adat di Dua Daerah ini, Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo-Gibran Raih Suara Terbanyak

"Usai salat led di JIS kami mengunjungi fasilitas Rumah Potong Hewan (RPH) Dharma Jaya di Cakung, Jakarta Timur, meninjau langsung proses pemotongan hewan kurban," tulis keterangan dalam foto yang diunggah, dikutip Rabu 13/7/2022.

"Hari ini ada 100 lebih sapi yang dipotong dan tiga hari ke depan akan memotong 500 ekor sapi. Kami melihat pemotongan di sini bukan hanya dilakukan dengan cepat. Tetapi juga menggunakan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang lengkap dari para petugas kita semua. Sehingga dipastikan sapi yang dipotong sehat, higienis, dan praktis, serta siap konsumsi," sambungnya.

Keberadaan RPH tersebut disebut akan memudahkan masyarakat jika ingin potong hewan.

Baca Juga : Pakar HTN: Pilpres Satu Putaran Sulit Terwujud

"Dengan adanya RPH Dharma Jaya makin memudahkan bagi masyarakat bila mereka harus melakukan pemotongan hewan, khususnya sapi. Tinggal dibawa ke sini, dan mereka ambil dagingnya sudah dikemas dengan baik dan siap didistribusikan," tambahnya.

Setelah dari RPH Dharma Jaya, lanjutnya, pulang ke rumah untuk sama-sama dengan keluarga makan lontong, makanan lebaran seperti biasa. Sehabis kumpul keluarga, kemudian ke Musala Babul Khairat. Setiap tahun kampung sini memang menyelenggarakan pemotongan hewan kurban di Musala Babul Khairat. Tahun ini ada 9 sapi dan 20 kambing yang dikurbankan.

"Setiap tahun juga biasanya membantu menyembelih hewan kurban di sini. Alhamdulillah penyembelihan sapi tadi lancar, Insya Allah hari ini bisa tuntas semua dibagikan kepada yang berhak," sebutnya.

Baca Juga : Anies Dijadwalkan Kampanye di Parepare, TKD Siap Turunkan 150 Ribu Massa

Ia menyebut mengajarkan anak-anak sejak dini terkait proses ibadah kurban. Harapannya agar menjadi terbiasa dan merasakan manfaatnya.

"Tadi juga mengajak anak-anak untuk melihat langsung prosesi ibadah kurban. Sebagaimana ketika dulu masih kecil oleh orang tua kita diajak untuk proses pemotongan hewan kurban yang disebut sebagai tradisi atau budaya. Sesuatu yang menjadi pengalaman unik bagi kita semua pada masa itu," jelasnya.

"Harapannya dengan anak-anak itu diajak setiap tahun maka mereka mengalami proses pembiasaan. Sehingga kelak, nanti ketika sudah dewasa mereka pun akan terbiasa mendatangi, terlibat langsung, dan merasakan manfaatnya di masa depan," sambungnya.

Baca Juga : KoReAn Ajak Puluhan Media Silaturahmi Awal Tahun

Unggahan ini ditanggapi oleh netizen yang langsung membanjiri kolom komentar akun Instagram @aniesbaswedan.

"Jago motong hewan berarti sudah menguasai ilmu, syarat dan hukumnya. Ga sabar nunggu bapak jadi RI terus jadi Imam Idul Fitri & Idul Adha di Mesjid Istiqlal," tulis salah satu akun memberikan komentar.

Ada juga yang merespon dengan mengingat tradisi di masa kecil seperti takbiran dan menyaksikan pemotongan hewan kurban.

Baca Juga : TPN: Ganjar-Mahfud Komitmen Dorong Supremasi Hukum dan HAM

"Alhamdulillah sejak kecil kami selalu ikut tradisi tahunan takbiran dan menyaksikan pemotongan qurban di masjid dpn rumah kami. Besar sedikit menjadi panitia, ikut memotong, menimbang, membagikan kepada warga2. Jgn lupa malamnya panitia bakar sate bersama. Alhamdulillah, berkah tradisi gotong royong Indonesia yg selalu perlu disyukuri dan maknai," tulis akun lainnya.

Netizen lain bersyukur bisa merasakan tradisi seperti yang diunggah Anies di Instagram.

"Alhamdulillah..bisa merasakan tradisi dan budaya seperti yang bapak ungkapkan. Dulu sebelum bapak pimpin jakarta ada aturan beda. Goodbener dah bapak ya..insyaallah RI 1.Aamiin," sebutnya.

#Anies Baswedan #gubernur DKI #Capres 2024 #idul adha #Kurban