Sabtu, 09 Juli 2022 13:18

Sapi Kurban dari Presiden Jokowi, Hanya Selayar Kebagian di Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. (Foto: Diskominfo SP Selayar)
Sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. (Foto: Diskominfo SP Selayar)

Sapi limosin dengan bobot 1 ton 6 kilogram tersebut didatangkan dari Kabupaten Bone dari pemilik ternak Ahmadi. Sapi berjenis kelamin jantan, berwarna cokelat, dan berumur 66 bulan.

RAKYATKU.COM, KEPULAUAN SELAYAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan bantuan kemasyarakatan berupa sapi kurban untuk masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Di Sulsel, pada Lebaran Iduladha tahun ini, hanya Selayar yang mendapat sapi kurban dari Jokowi.

Sapi limosin dengan bobot 1 ton 6 kilogram itu tiba di Selayar, Jumat (8/7/2022), dan diterima secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Muh. Yunan Karaeng Tompobulu, di Masjid Agung Al-Umaraini Benteng.

Selanjutnya diserahkan kembali kepada pengurus Masjid Agung Al-Umaraini, Arfang Arif, yang juga adalah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Selayar. Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ismail, Kepala Bagian Kesra, Abdul Rahman Made, Plt. Kasatpol PP, Saparuddin, bersama unsur lainnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Yunan Karaeng Tompobulu mengatakan sapi tersebut didatangkan dari Kabupaten Bone dari pemilik ternak Ahmadi. Sapi berjenis kelamin jantan, berwarna cokelat, dan berumur 66 bulan.

Pengurus Masjid Agung Al-Umaraini, Arfang Arif, mengatakan bantuan kemasyarakatan dari Jokowi akan disembelih pada Ahad (10/7/2022) bakda Zuhur di Jalan Metro Benteng Selayar.

"Dagingnya akan kita bagikan kepada sekitar 300 sampai 400 mustahik dalam wilayah Kota Benteng. Lima jam sesudah disembelih sudah harus selesai terbagi," jelas Arfang Arif.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Arfang Arif juga menjelaskan, Selayar adalah satu-satunya kabupaten/kota di Sulsel yang mendapatkan bantuan dari Jokowi.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Selayar, Ismail, menyampaikan sapi tersebut terbebas dari penyakit mulut dan kutu (PMK) atau penyakit lainnya karena sudah melalui verifikasi tim terpadu di provinsi sebelum dikirim ke Selayar.

Namun demikian, pihaknya tetap akan melakukan pemeriksaan untuk lebih memastikan lagi sehingga betul-betul aman untuk dikomsumsi.

Baca Juga : Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar

Jokowi tiap tahunnya secara bergilir membagikan bantuan kemasyarakatan berupa sapi untuk semua provinsi di Indonesia. (*)

#Sapi kurban #Pemkab Kepulauan Selayar #Joko Widodo #Lebaran Iduladha 2022