Rabu, 06 Juli 2022 20:58

Rusia Hancurkan Dua Sistem Roket Canggih HIMARS Buatan AS di Ukraina

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi (Foto: Lance Kpl. Megan Ozaki)
Ilustrasi (Foto: Lance Kpl. Megan Ozaki)

Rusia telah menghancurkan dua peluncur untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) yang telah dipasok oleh Amerika Serikat dan sekutunya ke Kyiv.

RAKYATKU.COM -- Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim telah menghancurkan dua sistem roket canggih HIMARS buatan Amerika Serikat (AS) dan gudang amunisi mereka di Ukraina timur.

Dikatakan bahwa Rusia telah menghancurkan dua peluncur untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) yang telah dipasok oleh Amerika Serikat dan sekutunya ke Kyiv.

Kementerian juga mengatakan pasukan Rusia menghancurkan dua depot amunisi yang menyimpan roket untuk HIMARS dekat garis depan di sebuah desa selatan Kramatorsk di wilayah Donetsk Ukraina yang sekarang menjadi fokus utama bagi pasukan Rusia setelah menguasai Luhansk selama akhir pekan.

Baca Juga : Rusia: Tidak Perlu Gunakan Senjata Nuklir di Ukraina

Kementerian Pertahanan Rusia juga memperingatkan ke Barat bahwa Rusia akan menghilangkan setiap peralatan militer yang dipasok ke rezim Kiev.

Diketashui Amerika Serikat telah mengirimkan delapan HIMARS ke Ukraina sejak eskalasi krisis tahun ini, dan melatih pasukan Ukraina untuk mengoperasikan sistem serangan jarak menengah hingga jarak jauh di Jerman dan Inggris.

Sistem ini memiliki jarak tembak efektif hingga 84 km. Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengumumkan kedatangan HIMARS pertama di Ukraina pada 23 Juni 2022.

Baca Juga : Aruna Kembali Ekspor Tuna, Kali Ini Tujuan Amerika

Sumber: Sky News

#Ukraina #Rusia #roket #Himars #Amerika Serikat