Minggu, 03 Juli 2022 10:59

Pemprov Sulsel Serahkan Bantuan Pembangunan Tapal Batas Kota Rp450 Juta

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemprov Sulsel Serahkan Bantuan Pembangunan Tapal Batas Kota Rp450 Juta

"Semoga saja Palopo semakin maju, menjadi kota yang tangguh, dan perekonomian yang tumbuh"

RAKYATKU.COM, PALOPO — Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan, Muh Iqbal S. Suhaeb menghadiri Rapat Paripurna, Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kota Palopo yang digelar Ruang Pertemuan Ratona, Kantor Walikota Palopo, Sabtu 2 Juli 2022.

Iqbal Suhaeb yang mewakili Gubernur hadir, mengatakan, bahwa, 20 tahun Kota Palopo, dapat menjadi momentum bagi jajaran pemerintah daerah dan warga masyarakat Kota Palopo, untuk lebih tangguh dalam mengawal penguatan ekonomi, sebagaimana tema yang diusung.

Kota Palopo merupakan salah satu kabupaten/kota di Sulawesi Selatan yang sangat cepat pulih dari pandemi Covid-19, recovery ekonominya sangat cepat,” kata Iqbal Suhaeb.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Ia berharap momentum pemulihan ekonomi dan kesehatan ini bisa terus terjaga, sehingga mobilitas semakin bagus dan pemulihan ekonomi 2022 bisa berlanjut seperti yang diharapkan.

Sebagai salah satu episentrum utama pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan, Kota Palopo terus menunjukkan kinerja yang baik. Pada Tahun 2021 tingkat pertumbuhan ekonomi Kota Palopo sebesar 5,41 persen di atas pertumbuhan ekonomi Sulsel 4,65 persen. Demikian pula dengan Jumlah Penduduk Miskin Kota Palopo Tahun 2021 sebanyak 15.210 orang (8,14 persen) atau urutan 3 terendah setelah Kota Pare-pare dan Kabupaten Barru, lebih rendah dari penduduk miskin Sulawesi Selatan 8,78 persen.

“Kalau kita lihat pertumbuhan ekonominya, hanya satu tahun saja sempat minus, setelah itu di tahun 2021 naik 5,41 dan sekarang kota Palopo lebih tinggi dari rata-rata Provinsi Sulsel,” sebut mantan Pjs Bupati Luwu Utara ini.

Baca Juga : 10.000 Orang Hadiri Buka Puasa Akbar Pemprov Sulsel di Bone

Ia menilai, itu artinya, pemerintahan dan masyarakat di Kota Palopo berkolaborasi dengan sangat baik dalam perekonomian, dan dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Semoga saja Palopo semakin maju, menjadi kota yang tangguh, dan perekonomian yang tumbuh,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Pemprov Sulsel menyerahkan bantuan dari Bank Sulselbar untuk pembangunan tapal batas Kota Palopo dengan Kabupaten Luwu kepada Pemerintah Kota Palopo sebesar Rp450 juta.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Dukung Gerakan Sedekah Pohon

Sementara, Walikota Palopo, Judas Amir, dalam sambutannya mengatakan, HUT ke-20 tahun Kota Palopo, dengan tema Palopo Tangguh, Ekonomi Tumbuh, yang menjadi ukuran capaian Pemerintah Kota Palopo saat ini.

“Tema HUT ke- 20 Kota Palopo, pada tahun 2022, yaitu menandakan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan tingkat pengangguran kita tekan. Bahkan Kota Palopo akan kita jadikan sebagai kota kesehatan, dengan dibukanya Rest Area di setiap rumah sakit dan puskesmas. Dan akan kita jadikan sebagai kota seribu taman,” Jelasnya.

Judas menyampaikan angka presentase penurunan yang signifikan di sektor penduduk miskin, Palopo juga sebagai kota jasa, yang tengah  melakukan pelaksanaan pembangunan “multi year” seperti Pembangunan Sirkuit Ratona Motor Sport, Pusat Kuliner dan Oleh-Oleh Palopo, atau dikenal sebagai Menara Payung, Revitalisasi Kawasan Islamic Center Kota Palopo, dan Pembangunan Kantor DPRD Kota Palopo.

Baca Juga : Peringatan Nuzululqur’an di Bone, Pemprov Sulsel Berbagi Bahagia dan Penghargaan

“Perkembangan Kota Palopo ini bukan hanya bergerak dan digerakkan oleh sektor Pemerintah, melainkan juga oleh sektor swasta, property, perbankan, perhotelan, tempat olah raga, rekreasi keluarga, rumah sakit, apotik, star up dengan ciri kaum milenial dan digital modelnya. Wali Kota berharap Kota Palopo, menjadi kota kunjungan tujuan wisata kesehatan.” Sebutnya.

Selama memimpin Kota Palopo ia menyampaikan apresiasi atas kerjasama dari Forkopimda, swasta dan masyarakat Kota Palopo, termasuk dari Pemprov Sulsel sehingga pembangunan dapat terwujud.

“Kami sadar demi kesinambungan di Kota Palopo memerlukan kesinambungan berbagai pihak dan seluruh masyarakat Kota Palopo dan Perhatian Pemerintah Sulawesi Selatan,” pungkasnya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Kota Palopo