Rabu, 22 Juni 2022 07:50

Bertemu Presiden Jokowi, Dirjen WHO Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pertemuan Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Pertemuan Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Dirjen WHO juga menyampaikan apresiasi terhadap capaian Indonesia dalam mengatasi Covid-19.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Tedros menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

Keterangan mengenai pertemuan Jokowi dengan Tedros disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Lestari Priansari Marsudi, dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/6/2022). Turut hadir pada kesempatan itu Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.

"Di dalam pembicaraan dengan Bapak Presiden, antara lain yang disampaikan oleh Dirjen WHO, pertama adalah mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di dalam G20. Kemarin baru saja ada pertemuan menteri kesehatan G20 yang nanti akan disampaikan juga oleh Pak Menkes, dan Dirjen WHO betul-betul mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di dalam G20," ucap Retno.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Retno mengungkapkan bahwa Tedros menyampaikan apresiasi terhadap capaian Indonesia dalam mengatasi Covid-19. Masalah vaksinasi juga jadi pembahasan.

"Dan beliau menyatakan bahwa Indonesia adalah satu dari best achievement kalau diperbandingkan dengan rata-rata achievement yang dicapai oleh negara-negara lain dunia," ujar Retno.

Pada kesempatan itu, Tedros menyampaikan kepada Jokowi mengenai pandemi Covid-19 yang belum berakhir. "Di dalam pembicaraan tadi disampaikan juga oleh Dirjen, walaupun situasi kasus COVID-19 dunia sudah mendatar namun beliau menyatakan bahwa pandemi belum selesai. Dan kita masih memantau terus, WHO masih memantau terus, munculnya varian-varian baru," imbuh Tedros.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Hal lain yang dibahas dalam pertemuan Jokowi dan Tedros adalah sistem preliminary health care. "Selain itu, beliau juga mengapresiasi, mengucapkan selamat atas sistem preliminary health care yang berjalan di Indonesia dengan baik dan juga mengenai masalah mandatory asuransi kesehatan di Indonesia," kata Retno. (*)

#Tedros Adhanom Ghebreyesus #Joko Widodo