Senin, 20 Juni 2022 12:44

Bupati Suardi Saleh Lepas Keberangkatan 80 Calon Jemaah Haji Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh (kiri), saat melepas calon jemaah haji (CJH) Barru di Baruga Singkeru Ada'e, Senin (20/6/2022).
Bupati Barru, Suardi Saleh (kiri), saat melepas calon jemaah haji (CJH) Barru di Baruga Singkeru Ada'e, Senin (20/6/2022).

"Bersyukurlah karena telah menjadi pilihan Allah subhanahu wa taala untuk menunaikan ibadah haji," pesan Suardi Saleh.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, melepas keberangkatan 80 orang calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Barru musim haji 1443 H/2022 M di Baruga Singkeru Ada'e, sejak Pukul 02.00 Wita, Senin (20/6/2022).

CJH Barru akan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) empat Embarkasi Makassar bersama Kabupaten Luwu, Pinrang, dan Kota Makassar.

Suardi mengungkapkan rasa syukur karena tahun ini ibadah haji tahun ini sudah kembali dilaksanakan meski pemerintah Arab Saudi memberikan batasan kuota dan umur CJH.

Baca Juga : Bupati Suardi Saleh Lepas Jamaah Umrah Gratis Program Pemkab Barru

"Bersyukurlah karena telah menjadi pilihan Allah subhanahu wa taala untuk menunaikan ibadah haji. Banyak yang memiliki kemampuan finansial, tetapi belum digerakkan hatinya. Ada juga mampu dari fisik, namun belum diberi kesempatan karena finansial," ucap Suardi.

Dia berpesan kepada seluruh CJH yang akan berangkat ke tanah suci agar senantiasa menjaga nama daerah. "Orang Barru selalu membawa kebaikan, persaudaraan, dan kekompakan agar pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan sukses," pesannya.

Suardi juga menekankan agar CJH menjaga kesehatan dengan baik, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir.

Baca Juga : Upacara Hari Kesadaran Nasional di Barru, Ketua DPRD Minta Lupakan Konflik Pemilu

"Jaga suasana hati serta menghindari amalan-amalan yang tidak sesuai tuntunan agar nantinya dapat mendapatkan predikat haji mabrur. Saya juga berpesan terutama aparatur sipil negara (ASN) fokus ibadah dan lupakan tugas kantor untuk sementara serta mempersiapkan mental," sebutnya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Barru, Jamaruddin, selaku Kepala Staf Penyelenggaraan Ibadah Haji Barru menyampaikan bahwa pemberangkatan 80 orang CJH Barru terdiri atas laki-laki 24 orang dan perempuan 56 orang. Di dalamnya termasuk ASN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru sebanyak 23 orang tang terdiri atas 6 laki-laki dan 17 perempuan.

CJH Barru diterima di Asrama Haji Sudiang hari ini, Senin (20/6/2022), pukul 8.00 Wita. Kemudian bertolak ke Kota Jeddah, Arab Saudi, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 1004 melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Selasa (21/6/2022), pukul 06.15 Wita. Sesuai jadwal, rombongan akan kembali ke tanah air pada 1 Agustus 2022 dan diperkirakan tiba dini hari pada 2 Agustus di Barru.

Baca Juga : Bupati Barru Minta Percepatan Realisasi Proyek APBD 2024 dan Telusuri Bantuan Beras yang Hilang

Acara pelepasan turut dihadiri, Ketua DPRD Barru, Lukman T., Kapolres Barru, AKBP Yudha Wirajati, Kejari Barru, Taufik Jalal, Asisten Pemerintahan Andi Takdir, dan Kasatpol PP, Andi Jalil.

Kemudian, Kepala Dinas Perhubungan, Fadly R. Fawae, Kepala Dinas Kesehatan, Amis Rivai, Danramil Barru, Kapten Inf. Basri, Kepala Bagian Kesra, Irham Jalil, pembimbing haji, Sulaeman Pide, kepala KUA se-Barru, serta pendamping embakarsi terdiri 2 dokter, 3 perawat, serta 2 pengelola Dinas Kesehatan. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Kemenag Barru #Haji 2022 #suardi saleh