Rabu, 15 Juni 2022 21:34

IKA Unhas Rancang Bank Data Alumni Berbasis Market Place

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
IKA Unhas Rancang Bank Data Alumni Berbasis Market Place

"Pokoknya di dalam aplikasi itu semua ada. Apa yang dibutuhkan semua ada. Mau beli nasi kuningpun bisa"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hampir seluruh bidang yang dibentuk Pengurus Pusat (PP) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas secara aktif mengakselerasi visi dan misi Ketua Umum, Andi Amran Sulaiman. Salah satunya adalah Bidang Organisasi, Keanggotaan OK) dan Sumber Daya Manusia (SDM) alumni.

Bidang OK dan SDM melakukan rapat di Sekretariat IKA Unhas di lantai 3 AAS Building Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Rabu (15/6/2022) siang. Beberapa hal dibahas dalam rapat ini diantaranya desain aplikasi yang bisa mendata seluruh alumni beserta potensinya.

Aplikasi ini juga diharapkan bisa menjadi market place bagi seluruh alumni Unhas yang membutuhkan segala hal. Mulai soal pekerjaan, informasi harga, barang, makanan, fashion, aksesoris dan lain-lain.

Baca Juga : Menang Pilpres, Andi Sudirman Sulaiman Ucapkan Selamat Kepada Prabowo-Gibran

Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman yang hadir dalam rapat ini mengatakan, ia bercita-cita IKA Unhas bisa mendesain aplikasi tersebut. Selain bisa dijadikan bank data alumni, di aplikasi juga bisa dipetakan jika ada alumni yang butuh pekerjaan dan alumni yang memiliki perusahaan yang butuh tenaga kerja.

"Pokoknya di dalam aplikasi itu semua ada. Apa yang dibutuhkan semua ada. Mau beli nasi kuningpun bisa. Kalau soal server nanti kita siapkan server khusus," kata Menteri Pertanian RI periode 2014-2019 ini.

"Kita mulai dulu dari alumni yang bisa menggunakan aplikasi tersebut. Setelah itu Sulsel, Indonesia dan secara global," tambahnya.

Baca Juga : Masyarakat Sambut Hangat Kunjungan Andi Sudirman di Takalar

Andi Amran optimistis dengan jumlah alumni Unhas yang mencapai 200 ribu lebih, aplikasi ini bisa sangat berguna.

"Kita tidak mau bank data alumni hanya sekadar mendata alumni saja. Kita ingin fungsinya bisa diperluas menjadi hal yang bermanfaat bagi alumni dan masyarakat umum," tegas Amran.

Untuk kartu anggota, Amran mengusulkan kepada Bidang OK dan SDA bekerja sama dengan perbankan dalam pengadaan kartu. Bukan hanya sebagai ATM, tapi juga bisa digunakan untuk kartu tol dan kartu diskon pada usaha yang bekerja sama dengan IKA Unhas.

Baca Juga : Andi Sudirman Sulaiman Training Relawan Prabowo-Gibran di Sulsel

Namun demikian, menurut bos Tiran Group ini, yang harus secepatnya diselesaikan adalah data ril alumni Unhas. "Saya kira Pak Wakil Rektor bidang Mahasiswa dan Alumni sudah ada. Tinggal diakselerasikan. Termasuk dengan data yang ada di fakultas," jelasnya.

Kepala Sekretariat IKA Unhas, Salahuddin Alam yang juga hadir dalam rapat menyampaikan, apa yg didesain Prof Armin dan tim akan diintegrasikan dgn portal berita serta IKAUH Pay.

"IKAUH Pay adalah sebuah aplikasi yang dapat dipergunakan oleh sèluruh alumni untuk belanja berbagai macam kebutuhannya. Karenanya diperlukan kekompakan dan mensinergikan semua potensi yang ada," tambah Salahuddin Alam.

Baca Juga : Unhas Terima Anugerah Perguruan Tinggi Informatif dari Komisi Informasi Pusat

Ketua Divisi Organisasi, Sahman AT menyatakan akan menindaklanjuti semua masukan ketua umum. Ia bersama tim akan bekerja cepat.

Sementara itu, Prof Armin yang memaparkan bagaimana desain website IKA Unhas yang bisa menjadi bank data alumni serta memasukkan informasi yang dibutuhkan alumni, akan mencoba mendesain aplikasi untuk digunakan alumni Unhas.

#Universitas Hasanuddin #Andi Sudirman Sulaiman #Ikatan Alumni