Rabu, 15 Juni 2022 08:38

Zulkifli Hasan Jadi Menteri Perdagangan, Hadi Tjahjanto Menteri ATR?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi juga akan melantik tiga wakil menteri. Dua di antara tiga posisi wakil menteri akan menjadi milik Gerindra dan PSI.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merombak atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju hari ini, Rabu (15/6/2022). Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, beresama mantan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, dikabarkan masuk jadi anggota kabinet dan akan dilantik siang ini.

Diberitakan Detik.com, Rabu (15/6/2022), Zulkifli Hasan akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), sementara Hadi Tjahjanto bakal menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Selain itu, Jokowi juga akan melantik tiga wakil menteri. Dua di antara tiga posisi wakil menteri akan menjadi milik Gerindra dan PSI.

Baca Juga : Presiden Jokowi Tekankan Lima Hal Terkait Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2024

Pelantikan akan digelar di Istana Kepresidenan pukul 14.30 Wita siang ini. Sejumlah pejabat tinggi sudah menerima pemberitahuan perihal pelantikan.

Soal reshuffle ini, Istana menyatakan keputusan sepenuhnya kewenangan Presiden Jokowi. Istana menyatakan kapan pun waktunya, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," kata Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga : Dicanangkan Presiden Jokowi, Asrama Mahasiswa Nusantara di Makassar Mulai Dibangun

"Ya, yang jelas Presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi ... beliau sangat tahulah," ucapnya. (*)

#reshuffle kabinet #Joko Widodo #Zulkifli Hasan #Hadi Tjahjanto