Selasa, 14 Juni 2022 18:41

Dosen Klinik Fakultas Kedokteran UNM Diambil dari RSUD Andi Makkasau

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Anggraeny
Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Anggraeny

Renny mengatakan RSUD Andi Makkasau sudah kerjasama dengan UNM berbeda dengan Fakultas Kedokteran perguruan tinggi lainnya. UNM, kata dia, akan menjalin kerjasama secara luas.

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Makassar (UNM) akan bertumpu dengan dua rumah sakit di Parepare, yakni RSUD Andi Makkasau dan RS Hasri Ainun Habibie. Kedua rumah sakit itu sudah menjalin kerjasama.

Kerjasama itu dibuktikan dengan penandatanganan MoU Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Anggraeny dengan pihak UNM. Disaksikan, Wali Kota Parepare Taufan Pawe dan Rektor UNM Prof Husain Syam, Selasa (14/6/2022).

Renny mengatakan RSUD Andi Makkasau sudah kerjasama dengan UNM berbeda dengan Fakultas Kedokteran perguruan tinggi lainnya. UNM, kata dia, akan menjalin kerjasama secara luas.

Baca Juga : Parepare Target 5 Besar di Porprov Sinjai-Bulukumba

“Kami sudah menjalin kerjasama dengan beberapa Fakultas Kedokteran. Tapi selama ini kerjasama yang dibangun itu untuk klinik, untuk koas yang praktik. Sementara dengan UNM ini, kita menjalin kerja sama yang lebih luas,” katanya.

Dia mengungkapkan, bentuk kerjasama dengan UNM yakni pembelajaran mulai semester awal. Dokter RSUD, kata Renny, bakal menjadi dosen klinik di Fakultas Kedokteran UNM.

“Mulai dari masa perkuliahan di semester I. Nanti dokter-dokter kami akan menjadi dosen klinik,” imbuhnya.

Baca Juga : Waspada Wasir, Begini Gejala, Penanganan dan Pengobatannya

Ia juga mengungkapkan, RSUD Andi Makkasau segera berstatus rumah sakit pendidikan. “Kami tinggal menunggu SK dari Kementerian,” kata Renny.

Sponsored by MGID

Sementara itu, Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengatakan UNM tidak salah memilih Parepare dengan mendirikan Fakultas Kedokteran. Sebab, kata TP, sejumlah sarana teknologi kedokteran kekinian ada di Parepare. Bukan hanya alatnya, tapi juga SDM-nya.

"Kami punya 42 tenaga spesialis, tiga di antaranya sub spesialis. Kami juga punya dokter umum lebih 70 orang. SDM di RS kami ada sekira 800,” imbuh Ketua Golkar Sulsel itu.

Baca Juga : Apresiasi Kinerja Taufan Pawe Tekan Inflasi, Menkeu Sri Mulyani Beri DID Rp10 Miliar ke Pemkot Parepare

Rektor UNM Prof Husain Syam bangga bisa bekerjasama dengan Pemkot Parepare. Menurutnya, kesiapan Pemkot Parepare bekerjasama melahirkan Fakultas Kedokteran merupakan satu langkah yang baik.

“Kami merasa bangga dan terhormat diberi ruang untuk bersama-sama pak Walikota Taufan Pawe. Kami merasa tersanjung, niat baik kita diterima yakni menghadirkan salah satu layanan pendidikan kedokteran di Kota Parepare,” tuturnya.

Husain berharap kekuatan tenaga spesialis dari Parepare bisa mengambil bagian di Fakultas Kedokteran UNM. Husain mengaku, UNM tak punya banyak SDM dalam mendirikan layanan pendidikan kedokteran.

Baca Juga : Pemkot dan DPRD Parepare Sepakati KUA PPAS Perubahan Tahun 2022

“Kita berharap kekuatan tenaga spesialis dari Parepare bisa mengambil bagian di situ. Bukan hanya MoU sebagai rumah sakit pendidikan tapi tenaga ahlinya juga mengambil bagian. Karena kita mau menghadirkan yang berkualitas pengelolaannya,” kata dia.

Pada kesempatan itu, pihak UNM juga menandatangani kerjasama dengan Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie dan RSUD Andi Makkasau Parepare. (*)

Penulis : Hasrul Nawir
#RSUD Andi Makkasau #Universitas Negeri Makassar #Pemkot Parepare #Fakultas Kedokteran