Selasa, 14 Juni 2022 14:59

Dinas Pertanian Barru Tunggu Bantuan Vaksin PMK dari Kementan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Dinas Pertanian Barru, Ahmad.
Kepala Dinas Pertanian Barru, Ahmad.

"Sudah kita usulkan vaksin PMK ini. Kami masih menunggu. Mudah-mudahan bisa secepatnya kita terima," kata Ahmad, Kepala Dinas Pertanian Barru.

RAKYATKU.COM, BARRU - Dinas Pertanian Kabupaten Barru akan melakukan vaksinasi ke hewan ternak sapi untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini mewabah di Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian Barru, Ahmad, mengatakan secepatnya akan melakukan vaksinasi apabila vaksinnya telah diterima dari Kementerian Pertanian (Kementan) lewat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel).

"Sudah kita usulkan vaksin PMK ini. Kami masih menunggu. Mudah-mudahan bisa secepatnya kita terima," kata Ahmad, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Meski kasus PMK belum ditemukan di Barru, Ahmad mengimbau warga Barru tak perlu panik soal penyakit ini.

Pasalnya, jenis sapi yang terjangkit PMK rata-rata sapi jenis Australia dan Limosin. Sementara, di Barru adalah pemelihara jenis sapi bali.

"Warga tak perlu panik, tapi tetap harus hati-hati. Yang penting rutin menjaga kebersihan kandang hewan ternaknya. Mudah-mudahan di Barru tak ditemukan kasus PMK ini," tuturnya.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Di tempat terpisah, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), menyebut vaksin PMK sudah datang di Indonesia dan dapat didistribusikan.

Vaksin akan didistribusikan ke wilayah-wilayah prioritas yang sudah terkena wabah PMK.

"Yang kita datangkan tentu saja vaksin darurat karena kita butuh sangat banyak karena tidak hanya tentu saja sudah bergejala, tetapi daerah-daerah yang terkontaminasi harus dilakukan vaksinasinya," kata Mentan SYL kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Mentan SYL menjelaskan distribusi vaksin akan dilakukan sampai 16 Juni mendatang. Ia tidak menyebutkan berapa jumlah dosis vaksin yang akan didistribusikan. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Dinas Pertanian Barru #Penyakit Mulut dan Kuku