Jumat, 10 Juni 2022 10:03

MUI Sulsel Imbau Umat Muslim Gelar Salat Gaib Hari Ini, Doakan Korban KM Ladang Pertiwi dan Eril

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
MUI Sulsel Imbau Umat Muslim Gelar Salat Gaib Hari Ini, Doakan Korban KM Ladang Pertiwi dan Eril

“Kita menghimbau kepada semua masjid dan para imam yang ada di Sulsel untuk memprakarsai salat ghaib ini. Adapun waktu pelaksanaan habis salat Jumat (10/6/2022) karena merupakan waktu yang tepat di mana semua kaum muslimin berkumpul,” kata Ketua Komite Dakwah Khusus (KDK) MUI Sulsel Drs KH Masykur Yusuf.

RAKYATKU.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel dan sejumlah ormas Islam mengimbau muslim salat gaib untuk korban KM Ladang Pratiwi yang tenggelam di perairan Selat Makassar 27 Mei 2022.

MUI Sulsel juga mengimbau salat gaib untuk putra Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, yang wafat, tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss dan jasadnya telah ditemukan pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat.

“Kita menghimbau kepada semua masjid dan para imam yang ada di Sulsel untuk memprakarsai salat gaib ini. Adapun waktu pelaksanaan habis salat Jumat (10/6/2022) karena merupakan waktu yang tepat di mana semua kaum muslim berkumpul,” kata Ketua Komite Dakwah Khusus (KDK) MUI Sulsel Drs KH Masykur Yusuf dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga : Ribuan Orang Meninggal Akibat Gempa Maroko dan Banjir Libya, Kemenag Imbau Umat Islam Gelar Salat Gaib

KH Masykur, Ketua Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Sulsel, mengungkapkan, salat gaib merupakan bentuk kepedulian dan salah satu cara untuk mendoakan para korban yang meninggal agar diberi tempat yang layak di sisi Allah swt.

“Kita juga menyampaikan belasungkawa dan kiranya keluarga yang ditinggalkan agar kesabaran,” ujar KH Masykur.

Sekretaris Ikatan Masjid Muballigh Indonesia Muttahidah (IMMIM) Dr HM Ishak Samad juga menghimbau agar seluruh umat muslim Sulsel terutama imam masjid mengambil bagian dari salat gaib ini.

Baca Juga : Kemenag Imbau Umat Islam Gelar Salat Gaib untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

“Ini sebagai wujud kepedulian dan doa kita terhadap sesama muslim karena dalam Islam setiap muslim bersaudara,” kata Ishaq Shamad.

#MUI Sulsel #KM Ladang Pertiwi #Emmeril Khan Mumtadz #Salat gaib