Jumat, 03 Juni 2022 08:40

Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan, MUI Jabar Ajak Masyarakat Indonesia Salat Gaib

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ridwan Kamil dan Emmeril Khan Mumtadz (foto Instagram/Ridwan Kamil)
Ridwan Kamil dan Emmeril Khan Mumtadz (foto Instagram/Ridwan Kamil)

Ajakan salat gaib itu merupakan hasil pertemuan antara Keluarga Ridwan Kamil bersama Dewan Pimpinan MUI Jabar di Kantor MUI Jabar, Kamis malam (2/6/2022).

RAKYATKU.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengajak masyarakat Indonesia melaksanakan salat gaib untuk Emmeril Khan Mumtadz

Anak sulung Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil yang kerap disapa Eril itu tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss sejak Kamis (26/5/2022) dan sampai sekarang belum ditemukan.

Ajakan shalat gaib itu merupakan hasil pertemuan antara Keluarga Ridwan Kamil bersama Dewan Pimpinan MUI Jabar di Kantor MUI Jabar, Kamis malam (2/6/2022).

Baca Juga : Cakep! Menparekraf dan para Kepala Daerah Berbalas Pantun di Panggung Makassar F8

“Bapak Mochammad Ridwan Kamil beserta isteri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa ananda tercinta Emmeril Khan Mumtaz sudah meninggal dunia karena tenggelam,” ujar Ketua Umum MUI Jabar, KH Rachmat Syafe’i dalam keterangan tertulisnya, Jum'at (3/6/2022)

Selanjutnya, dalam keterangan tersebut, dia menambahkan, kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss menyampaikan bahwa pihak otoritas setempat sudah mengubah status pencarian Eril dari missing person (orang yang hilang) menjadi drowned person (orang tenggelam).

“Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari kemungkinan sudah meninggal dunia,” ujarnya.

Baca Juga : Sandiaga Uno Hingga Ridwan Kamil Terima Badik Pusaka Khas Makassar

Sekretaris MUI Jabar, KH Rafani Akhyar, menyampaikan bahwa dengan memperhatikan keterangan keluarga tersebut serta mempertimbangan ketentuan syariat, maka jenazah Eril harus segera disalatkan.

Sponsored by MGID

“Karena jenazah tidak atau belum ditemukan, maka salat jenazah dilakukan dengan cara shalat gaib," ucapnya.

Oleh karena itu, MUI Jabar menyerukan kepada seluruh masyarakat muslim untuk melakukan salat gaib atas almarhum Emmeril Khan Mumtaz pada hari Jumat 03 Juni 2022 di setiap Masjid maupun Mushola.

Baca Juga : Puasa Arafah Saat Lebaran Iduladha Beda Tanggal, Ini Kata Ketua MUI

"Salat gaib bisa dilakukan sebelum shalat Jumat bisa juga ba’da salat Jumat,” ungkapnya.

“MUI Jawa Barat turut merasakan kesedihan yang mendalam seraya mendoakan semoga Bapak Gubernur beserta keluarga tetap diberi kekuatan dan ketabahan dalam menerima musibah ini,” imbuhnya.(*)

#Majelis Ulama Indonesia #ridwan kamil #Emmeril Khan Mumtadz #Salat gaib #Sungai Aaree