Kamis, 02 Juni 2022 12:44

Pemkab Barru Gelar Rapat Evaluasi Sistem SAKIP

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat evaluasi berlangsung di Aula Kantor Bappeda, Kamis (2/6/2022).
Rapat evaluasi berlangsung di Aula Kantor Bappeda, Kamis (2/6/2022).

Diketahui saat ini, Indeks SAKIP 2021 adalah 57,4 (CC), sedangkan Indeks RB adalah 48,01 (C).

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemkab Barru menggelar rapat evaluasi implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda, Kamis (2/6/2022).

Diketahui saat ini, Indeks SAKIP 2021 adalah 57,4 (CC), sedangkan Indeks RB adalah 48,01 (C). Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 55,52/46,34.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Andi Takdir, yang membuka dan memberikan arahan menyampaikan pentingnya peningkatan dan percepatan implementasi SAKIP dan RB.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

"Kerja tuntas, cerdas, merupakan amanah dari Bupati (Bupati Barru, Suardi Saleh). Karena itu kinerja kepala OPD harus sesuai dengan kebutuhan dan untuk dukung perubahan yang lebih baik," katanya.

Dia juga bilang, minimal ada tiga OPD yang melakukan evaluasi pada PPTK, bukan hanya ke bendahara. Demikian pula Bappeda, bukan hanya fokus ke Kasubag Program, tetapi PPTK-nya, demikian pula dengan Bagian Keuangan.

Mantan Kepala Dinas Pengelola Keuangan Barru ini berharap reformasi birokrasi terarah, masif, dan terstruktur akan mencapai target peningkatan nilai daerah.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

"Mudah-mudahan dengan adanya perubahan yang kita lakukan bersama ada peningkatan, khususnya pada visi-misi, janji politik dan target RPJMD termasuk target kita, meningkat menjadi B. Karena itu kita berusaha mempelajari dan mengimplementasikan SAKIP dan Reformasi Birokrasi," sebutnya.

Dalam kesempatan ini, disimpulkan bahwa strategi untuk peningkatan nilai SAKIP dan LAKIP adalah hal yang mutlak untuk percepatan hingga ada mendapatkan penilaian maksimal.

Kegiatan ini merupakan leading sector Sekretariat Daerah, dalam hal ini Bagian Organisasi. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru