Selasa, 31 Mei 2022 08:53

11 Korban Kapal Tenggelam di Selat Makassar Masih Hilang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Djunaidi, Kepala Kantor Basarnas Sulsel.
Djunaidi, Kepala Kantor Basarnas Sulsel.

Sudah 31 orang ditemukan dalam kondisi selamat pasca tenggelamnya kapal motor (KM) Ladang Pertiwi. Pencarian melalui laut dan udara masih dilakukan untuk menemukan 11 orang lainnya yang masih hilang.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Operasi pencarian Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin (30/5/2022) berhasil menemukan 10 penumpang lagi, termasuk dua anak berusia tujuh dan lima tahun.

Mereka adalah para penumpang KM Ladang Pertiwi yang tenggelam pada Kamis (27/5/2022). Sepuluh penumpang yang ditemukan selamat ini langsung dibawa ke Pulau Pammantauang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Yang pertama update-nya adalah sudah memastikan sudah 10 orang penumpang ditemukan lagi. Jadi informasi ini sebetulnya sejak tadi malam, tetapi saya tidak membenarkan ketika tidak meng-crosscheck dengan lebih bagus," kata Djunaidi, Kepala Kantor Basarnas Makassar dalam sebuah video.

Baca Juga : Kepala BNPP Lakukan Kuker di Kantor BNPP Sulsel

Sebelumnya, Ahad (29/5/2022), KRI Hasanuddin berhasil menemukan empat orang korban dalam kondisi selamat yang kemudian di evakuasi ke Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Tujuh belas korban lain telah lebih dahulu diselamatkan tiga kapal tunda (tug boat) pada Sabtu (28/5/2022) yang melintas di sekitar lokasi kejadian.

"Saya sampaikan bahwa penumpang yang sudah ditemukan secara keseluruhan sudah 31 orang. Informasi terakhir 10 orang itu telah di crosscheck di Pulau Pammantauang, semuanya selamat. Mereka telah berada di rumahnya masing-masing," jelas Djunaidi.

Pencarian melalui laut dan udara masih dilakukan untuk menemukan sisa 11 orang penumpang KM Ladang Pertiwi.

Baca Juga : Pemkab Luwu Utara Hibahkan Lahan 3.600 Meter Persegi untuk Basarnas

KM Ladang Pertiwi berlayar dari Pelabuhan Paotere Makassar Rabu (25/5/2022) hendak menuju ke beberapa pulau yaitu Pulau Pammantauang, Pulau Masalima, Pulau Salirian, Pulau Pamalikan.

Kapal mengalami kecelakaan sehingga dinyatakan tenggelam pada Kamis (26/5/2022) sekitar pukul 13.30 Wita. Informasi yang dihimpun menyebutkan KM Ladang Pertiwi merupakan kapal ikan yang tidak diperuntukkan untuk memuat barang dan penumpang. (*)

Sumber: VOA Indonesia

#KM Ladang Pertiwi #Basarnas Sulsel