Jumat, 27 Mei 2022 18:33

Upaya Menuju Smart City, Dinas Kominfotik Wajo Siapkan Layanan Wi-Fi Gratis untuk Masyarakat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Dinas Kominfotik Wajo, Dwi Apriyanto.
Kepala Dinas Kominfotik Wajo, Dwi Apriyanto.

Sejak Oktober 2021 sudah disiapkan titik Wi-Fi publik di wilayah Kota Sengkang, yaitu Lapangan Merdeka, Taman Baca La Tiringeng To Taba, Taman Padduppa, Ruang Terbuka Hijau Callaccu, dan Terminal di Kompleks Kantor Dinas Perhubungan.

RAKYATKU.COM, WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) menyiapkan Wi-Fi di lima titik di wilayah Kota Sengkang. Kehadirannya tentunya untuk mempermudah masyarakat mengakses internet. Selain gratis juga tanpa kata sandi atau password.

Kepala Dinas Kominfotik Wajo, Dwi Apriyanto, menjelaskan Wi-Fi gratis ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang bisa diakses melalui internet. Ini juga merupakan langkah konkret menuju ke smart city (kota cerdas).

"Sejak Oktober tahun lalu kita sudah siapkan titik Wi-Fi publik di wilayah Kota Sengkang, yaitu Lapangan Merdeka, Taman Baca La Tiringeng To Taba, Taman Padduppa, Ruang Terbuka Hijau Callaccu, dan Terminal di Kompleks Kantor Dinas Perhubungan," ucap Dwi yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga : Andi Yuliani Paris Janji Terus Perjuangkan Pemasangan Jargas untuk Wajo

Dwi menuturkan melalui Wi-Fi publik ini diharapkan masyarakat bisa mengakses informasi untuk memenuhi kebutuhannya ataupun mendukung kegiatan perekenomiannya. "Misalnya, mencari referensi atau ide-ide pengembangan ekonomi melalui internet. Ataupun memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya, misalnya pemilik kuliner di Taman Padduppa dan Taman Baca," bebernya.

Selain itu, lanjutnya, diharapkan kehadiran Wi-Fi gratis ini juga akan membantu generasi muda untuk belajar dan menemukan referensi di internet, saat referensi di perpustakaan belum mencukupi atau belum ditemukan.

 

"Tentu kita minta kepada semua pengguna internet, khususnya internet atau Wi-Fi publik gratis ini, agar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk hal-hal yang positif," pintanya.

Baca Juga : Bupati Wajo dan Wabup Bone Dampingi AYP Resmikan 137 Unit PJUTS di Atakkae

Karena ini Wi-Fi publik gratis sehingga tidak perlu memasukkan kata sandi atau password untuk bisa menggunakannya. "Begitu kita nyalakan Wi-Fi, maka akan langsung tersambung secara langsung. Cuma, ya, mungkin ketika ramai pengguna, maka akan sedikit lambat koneksinya," tuturnya. (*)

Penulis : Abd Rasyid. MS
#Diskominfotik Wajo #pemkab wajo