Senin, 23 Mei 2022 14:51

Wisuda Mahasantri DDI Mangkoso, Bupati Barru Ingatkan Pesan Kehidupan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wisuda Mahasantri DDI Mangkoso, Bupati Barru Ingatkan Pesan Kehidupan

"Setinggi apapun ilmu yang engkau miliki, kerendahan hati jualah yang membuatmu semakin mulia," pesan Bupati Barru Suardi Saleh.

RAKYATKU.COM, BARRU, - Bupati Barru, Suardi Saleh mengingatkan, setinggi apapun ilmu yang engkau miliki, kerendahan hati jualah yang membuatmu semakin mulia.

Ungkapan itu disampaikan Bupati Suardi Saleh saat memberikan sambutan pada acara Wisuda Mahasantri Ma'had Aly Pondok Pesantren DDI Mangkoso di Gedung Islamic Center Barru, Ahad (22/5/2022) kemarin.

"Pesan kami buat anak-anakku semua, teruslah belajar sampai jenjang yang tertinggi. Namun sadarilah keilmuanmu tidak akan berarti bila tidak ditopang dengan keimanan dan budi pekerti serta akhlak yang baik. Setinggi apapun ilmu yang engkau miliki, kerendahan hati jualah yang membuatmu semakin mulia," katanya.

Baca Juga : Jelang Muswil, Pengurus MPC Pemuda Pancasila Sowan ke Bupati Barru

Kepada para mahasantri yang diwisuda, Bupati mengingatkan bahwa, kalian bukan hanya sarjana ilmu, namun juga kalian adalah sarjana agama. Karena itu tampillah sebagai ilmuwan yang agamawan atau sebagai agamawan yang ilmuwan.

Dirinya berharap para wisudawan/wisudawati agar menanamkam semangat ilmiah sekaligus amaliah, sebab begitu banyak sarjana-sarjana baru yang dilahirkan dinegeri ini namun terkadang ilmu yang dimilikinya tidak dipertanggungjawabkan melalui pengamalannya. Kalian, kata Suardi, bukan sekedar lahir dari Perguruan Tinggi, tapi juga lahir dari Pondok Pesantren.

 

Lebih lanjut Bupati Barru dua periode tersebut mengungkapkan, perbedaan antara sekolah dan kehidupan. Di sekolah katanya kita belajar, dan setelah belajar baru kita ujian. Sementara dalam kehidupan ini kita diberikan ujian yang akan membuat kita belajar. Karena kehidupan ini merupakan buku hikmah yang jumlah halamannya sebanyak jumlah usia kita.

Baca Juga : Sebelum Berkompetisi, Bupati Suardi Saleh Undang Kafilah MTQ Barru Sarapan Bersama

Pada bagian lain sambutannya, Bupati Suardi Saleh atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Barru merasa berbahagia dan bangga atas berbagai prestasi dan pencapaian yang dilakukan oleh Pondok Pesantren DDI Mangkoso.

Sponsored by MGID

"Termasuk hari ini, bertemu dua kesyukuran, yaitu, Pertama, Bersyukur atas Wisudanya Mahasantri Mahasantri kita. Dan yang kedua, Bersyukur atas kelahiran para ulama sebagai pelanjut perjuangan Anre Gurutta sekaligus pewaris para Nabi," ucapnya.

Secara khusus pula Bupati atas nama Pemerintah Daerah dan Mayarakat Barru mengucapkan selamat kepada Anre Gurutta, seluruh pembina, pengasuh dan lebih khusus kepada seluruh Wisudawan dan Wisudawati yang hari ini diresmikan kesarjanaannya sebagai generasi-generasi pelanjut yang dilahirkan oleh Ma'had Aly Pondok Pesantren DDI Mangkoso.

Baca Juga : Pembukaan MTQ XXXII, Bupati Suardi Saleh ke Bone Semangati Kafilah Barru

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Sulsel diwakili Kapala Biro Kersa, Direktur PD Pontren dan Ma'had Aly Kemenag RI Dr. H. Waryono, Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel Dr. H. Muliady, Wakil Walikota Bontang Hj. Najirah, SE. Wakil Walikota Parepare. H. Pangerang Rahim. Ketua DPRD Barru Lukman, T. Kepala Kementerian Agama Barru Dr. H. Jamaruddin, Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso Anregurutta Prof Dr. H. M. Faried Wajedy dan undangan lainnya.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #DDI Mangkoso #suardi saleh