Sabtu, 21 Mei 2022 09:08

Istimewa di Mata Arab Saudi, Indonesia Punya Kuota Haji Paling Banyak

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pertemuan Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas (kiri), dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah, Jumat (20/5/2022). (Foto: Kementerian Agama)
Pertemuan Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas (kiri), dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah, Jumat (20/5/2022). (Foto: Kementerian Agama)

"Indonesia mendapat tempat istimewa di warga dan pemerintah Arab Saudi," kata Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah.

RAKYATKU.COM, JEDDAH - Indonesia mendapat kuota haji 100.051 dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Kuota Indonesia jadi yang paling banyak di antara negara lain.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah, menyebut Indonesia mendapat tempat istimewa bagi Arab Saudi. "Indonesia mendapat tempat istimewa di warga dan pemerintah Arab Saudi," kata Tawfiq saat pertemuan dengan Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (20/5/2022).

Tawfiq juga kembali menegaskan komitmennya untuk meningkatkan layanan kepada seluruh jemaah haji, termasuk Indonesia.

Baca Juga : Muhammad Tonang Resmi Jabat Kakanwil Kemenag Sulsel

Pada kesempatan ini turut hadir Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, Staf Khusus Menag, Abdul Rahman, dan Abdul Qadir, Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Subhan Cholid, serta Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam.

Kepada Tawfiq, Yaqut menyampaikan bahwa kehadirannya di Jeddah atas arahan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Tujuannya, untuk memastikan kesiapan dan kualitas layanan yang diberikan kepada jemaah haji Indonesia.

"Pemerintah Indonesia akan mengikuti peraturan Pemerintah Arab Saudi, termasuk terkait protokol kesehatan. Kami yakin semua itu diterapkan demi memberikan kenyamanan, termasuk bagi jemaah haji Indonesia," ujar Yaqut.

Baca Juga : Menag: 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Yaqut tiba di Arab Saudi pada 18 Mei 2022. Ia sebelumnya meninjau dan mengecek kualitas layanan yang akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia selama berada di Makkah. Layanan itu mencakup akomodasi, katering, dan transportasi.

Yaqut dijadwalkan ke Madinah hari ini, Sabtu (21/5/2022). Ia akan kembali mengecek kesiapan dan kualitas layanan akomodasi, katering, dan transportasi bagi jemaah haji Indonesia saat berada di Madinah.

Kloter pertama jemaah haji Indonesia akan diterbangkan pada 4 Juni 2022. (*)

#kementerian agama #arab saudi #Haji 2022