Jumat, 20 Mei 2022 21:33

Bupati Morowali Salut Komitmen PT Vale Jalankan CSR

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Morowali, Taslim.
Bupati Morowali, Taslim.

"Kalau tentang CSR, PT Vale-lah perusahaan yang paling konsisten dengan kewajiban CSR-nya. Sedangkan belum mengolah, sudah dipenuhi kewajiban-kewajibannya kalau kita mau objektif melihatnya," kata Bupati Morowali, Taslim.

RAKYATKU.COM, MOROWALI - Bupati Morowali, Taslim, menyampaikan rasa salut dan apresiasinya pada PT Vale Indonesia Tbk. (PT Vale) dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) di daerahnya.

Menurutnya, PT Vale merupakan perusahaan yang paling konsisten dengan kewajiban CSR, padahal perusahaan ini belum beroperasi mengolah lahannya.

"Kalau tentang CSR, PT Vale-lah perusahaan yang paling konsisten dengan kewajiban CSR-nya. Sedangkan belum mengolah, sudah dipenuhi kewajiban-kewajibannya kalau kita mau objektif melihatnya," kata Taslim
saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan dan Peningkatan Kapasitas Pengetahuan bagi Pengelola Program Pencegahan Pengendalian Penyakit lingkup kerja Puskesmas Bahomotefe, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga : Komitmen Terapkan Operasi Rendah Karbon, PT Vale Luncurkan Truk Listrik

Atas komitmen tersebut, Taslim berharap agar PT Vale sudah memperoleh mitra kerja yang lebih besar dari sebelumnya.

"Mudah-mudahan saat ini PT Vale sudah mendapat mitra kerja yang insyaallah jauh lebih besar dibanding apa yang ada hari ini. Kalau dia jadi lebih besar, maka tentu CSR-nya lebih besar pula dan manfaatnya tentu lebih besar lagi. Maka mari kita bergandengan tangan," ujarnya.

Taslim menuturkan, telah disampaikan bahwa PT Vale bagian dari milik pemerintah melalui kepemilikan saham dari MIND ID sehingga dipastikan juga menjadi milik orang Morowali.

Baca Juga : PT Vale Catat Kenaikan Laba 22 Persen di Triwulan II 2022

"Tadi sudah disampaikan bahwa PT Vale ini sudah sebagian milik kita. Kalau saham negara di dalam, maka sahamnya orang Morowali sudah ada di Vale. Jadi kalau kita mengusir Vale, sama saja kita mengusir diri kita sendiri. Mudah-mudahan nanti dalam perjalanannya kita kuasai 51 persen. Artinya, apa bahwa pemerintah itu selalu berupaya tanggap. Potensi sumber daya alam (SDA) kita ini benar-benar bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satunya tadi bagaimana kita ikut serta di dalamnya," tuturnya.

Sponsored by MGID

Saat inipun, PT Vale telah melaksanakan program CSR-nya, salah satunya dilaksanakannya Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan dan Peningkatan Kapasitas Pengetahuan bagi Pengelola Program Pencegahan Pengendalian Penyakit di lingkup kerja Puskesmas Bahomotefe.

Kegiatan ini adalah program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang kesehatan PT vale di blok Bahodopi. Kegiatan diselenggarakan bekerja sama Dinas Kesehatan Morowali.

Baca Juga : PT Vale Kerja Sama dengan Ford Motor Co di Proyek HPAL Pomalaa

Taslim mengharapkan kegiatan ini bisa meningkatkan skill tenaga medis sehingga semakin optimal. "Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memberikan pelayanan yang berkualitas dan optimal di bidang kesehatan, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Bahomotefe, Kecamatan Bungku Timur," harapnya.

#PT Vale Indonesia