Jumat, 20 Mei 2022 13:17

Peringatan Harkitnas di Barru Berlangsung Khidmat

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peringatan Harkitnas di Barru Berlangsung Khidmat

"Sisi historis dibalik peringatan hari kebangkitan nasional, pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Sukarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia"

RAKYATKU.COM, BARRU - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114, dilaksanakan dengan melibatkan segenap elemen pemerintahan di lapangan Upacara Kantor Bupati Barru.

Upacara Harkitnas yang dirangkai dengan Hari Kesadaran Nasional, Bupati Barru, Suardi Saleh bertindak selaku Inspektur Upacara, Jumat (20/5/2022). Upacara berjalan khidmat dan lancar.

Bupati Suardi Saleh yang membacakan sambutan tertulis Menkominfo, Jhonny G Plate, bertema Ayo Bangkit Bersama menggelorakan Nilai Historis dan semangat Harkitnas untuk menyikapi kondisi permasalahan Bangsa serta situasi Global.

Baca Juga : DDI Mangkoso Wisuda 1.389 Santri

"Sisi historis dibalik peringatan hari kebangkitan nasional, pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Sukarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia," sebut Bupati Barru yang melanjutkan dasar sejarah ketika Belanda kembali ingin berkuasa bersamaan dengan perpecahan antar golongan dan ideologi namun mampu dihalau dengan semangat persatuan.

Dirinya menyebutkan, konteks kekinian dengan adanya Pandemi Covid-19 dan Konflik Rusia-Ukraina yang menyebabkan kondisi ekonomi global dan geopolitik tidak stabil, sehingga perlu semangat Harkitnas untuk persatuan dan kesatuan Bangsa.

 

"Mari terus bekerja keras, dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia," ucapnya.

Baca Juga : Jelang Muswil, Pengurus MPC Pemuda Pancasila Sowan ke Bupati Barru

Kepala Daerah yang juga mengusung filosofis Gerakan Perubahan dalam konteks Nasional Demokrasi juga mengurai kesiapan jelang Presidensi G20, mendatang, yang bertema "Recovertogether, Recoverstronger".

Sponsored by MGID

"Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini, mengusung tiga isu pokok, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital, dan transisi energi berkelanjutan," pungkasnya.

Pejabat Upacara Harkitnas, nampak Kepala Dinas Kominfo, SP, Syamsuddin, S.IP, M.Si membacakan Undang-undang Dasar NRI 1945, kemudian Pejabat Diskominfo, Arif, S.STP bertindak selaku Pemimpin Upacara.

Baca Juga : Sebelum Berkompetisi, Bupati Suardi Saleh Undang Kafilah MTQ Barru Sarapan Bersama

Serta Pengucapan Saptamarga, Tribrata, Pancaprastya KORPRI, oleh masing-masing institusi, dengan didengarkan oleh segenap peserta yang diantaranya Ketua DPRD Lukman T, Wabup Aska Mappe, Sekda Barru Dr. Abustan, bersama Forkopimda yakni Kapolres Barru, Dandim 1405 Parepare serta Kajari Barru.

 

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Hari Kebangkitan Nasional