Sabtu, 14 Mei 2022 20:17

Ukraina Klaim Pasukan Rusia Mundur dari Kharkiv

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi (Foto: Anadolu Agency | Gambar Getty)
Ilustrasi (Foto: Anadolu Agency | Gambar Getty)

Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina yang telah dibombardir signifikan sejak Rusia memulai invasi skala penuh pada akhir Februari.

RAKYATKU.COM, -- Juru bicara Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina, mengatakan pasukan Rusia menarik diri dari kota timur laut Kharkiv.

“Musuh Rusia tidak melakukan permusuhan aktif ke arah Kharkiv. Upaya utamanya difokuskan untuk memastikan penarikan pasukannya dari kota Kharkiv, mempertahankan posisi yang diduduki dan rute pasokan,” Oleksandr Shtupun dilansir dari CBNC Internasional, Sabtu (14/5/2022).

Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina yang telah dibombardir secara signifikan sejak Rusia memulai invasi skala penuh pada akhir Februari.

Baca Juga : Menhan AS: Para Pemimpin Barat Setuju Mengirim Senjata yang Lebih Canggih ke Ukraina

Tapi perlawanan Ukraina telah bergerak cepat selama beberapa hari terakhir membuat keuntungan teritorial dan mengusir Rusia dari kota.

Pada hari Jumat, Pentagon mengatakan Ukraina terus membuat kemajuan dalam merebut kembali kota-kota dan desa-desa di sekitar Kharkiv.

 

“Kami telah melihat beberapa kemajuan oleh mereka yang mendorong pasukan Rusia lebih dekat ke perbatasan dan menjauh dari Kharkiv,” kata pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya.

#Ukraina #Rusia