Rabu, 11 Mei 2022 16:35

Inovasi Rumah Tunggu Pemkab Barru Tuai Apresiasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rumah tunggu Pemerintah Kabupaten (Pemkab Barru)  berlokasi di Jalan STO VIII Telkomas, Kota Makassar.
Rumah tunggu Pemerintah Kabupaten (Pemkab Barru) berlokasi di Jalan STO VIII Telkomas, Kota Makassar.

Program ini merupakan janji politik Bupati Barru, Suardi Saleh, saat berkampanye pada pilkada 2019 lalu, yang ia wujudkan setahun setelah berhasil menjabat di periode keduanya.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab Barru) yang menghadirkan rumah tunggu bagi pendamping pasien di Kota Makassar menuai banyak apresiasi.

Jurnalis senior Sulawesi Selatan (Sulsel), Usdar Nawawi, mengatakan strategi Pemkab Barru dalam peningkatan pelayanan terbilang tepat. Ini, menurutnya, inovasi membanggakan.

"Inovasi Pemkab Barru sungguh menggugah rasa. Mungkin ini yang pertama di Sulsel. Bisa jadi referensi bupati lainnya di Sulsel," kata Usdar Nawawi, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga : Bupati Barru Safari Jumat di Desa Galung sekaligus Pantau Kondisi Jalan Penghubung

Ia juga menyebut, kolaborasi pasangan suami istri, Suardi Saleh dengan Hasnah Syam dalam kapasitas Bupati dan Ketua TP PKK Barru, layak mendapatkan apresiasi pemerintah pusat.

Usdar Nawawi mengungkapkan banyak ide seperti mes atau asrama mahasiswa daerah di Makassar, atau semisal penyediaan ambulans, tetapi ide rumah tunggu di daerah rujukan, adalah sesuatu yang baru.

"Selamat buat warga Barru. Selamat buat Bupati Suardi Saleh. Salama tapada salama," tuturnya.

Baca Juga : Bupati Barru Gelar Buka Puasa untuk Mengenang Almarhumah Hasnah Syam

Rumah runggu Pemkab Barru di Makassar bertujuan memberi fasilitas pelayanan kesehatan bagi warga Barru yang berobat ke Makassar atau bagi keluarga yang mengawal pasien berobat ke Makassar.

Program ini merupakan janji politik Bupati Barru saat berkampanye pada pilkada 2019 lalu, yang ia wujudkan setahun setelah berhasil menjabat di periode keduanya.

Berlokasi di Jalan STO VIII Telkomas, Kota Makassar, rumah tunggu ini berlantai dua. Punya enam kamar ber-AC dan non-AC. Beberapa kamar punya dua ranjang. Kemudian, kamar mandi (air panas/dingin). Ada pula wi-fi gratis dan fasilitas hiburan, seperti televisi.

Baca Juga : Bupati Barru Berikan Penghargaan dan Insentif kepada Petugas Kebersihan

Selain itu, punya sarana dapur, sarana transportasi satu unit mobil ambulans dan layanan dari dua orang tenaga medis yang stand by di rumah tunggu. Mereka akan membantu warga mengurus administrasi kesehatan saay diperlukan. Ada juga CCTV. Perlu dicatat bahwa dari deretan fasilitas itu, semuanya gratis. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh #hasnah syam