Selasa, 10 Mei 2022 20:17

20 Putra-putri Maiwa Siap Lanjutkan Kuliah di Jerman, Tiga ke Malaysia

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Enrekang, Muslim Bando (tengah/peci)
Bupati Enrekang, Muslim Bando (tengah/peci)

"Semoga bisa belajar sebaik-baiknya di sana. Kita harapkan kembali dengan membawa perubahan"

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Bupati Enrekang, Muslimin Bando menghadiri Graduation Ceremony and Farewell Party SMAN 4 Enrekang. Acara penamatan dan perpisahan angkatan 2022 digelar di sekolah pada Selasa 10 Mei 2022.

Tahun ini SMAN 4 Enrekang meluluskan 185 siswa. 

"Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak kuliah. Kalaupun tidak bisa ke Jawa, Unhas, atau UNM, ada UMS Rappang yang dekat," katanya.

Baca Juga : Bupati Muslimin Bando Serahkan 110 Beasiswa PIP Reguler di Penja

Bagi yang kurang mampu, bisa dicover oleh pelbagai jenis beasiswa yang disediakan pemerintah maupun dari jalur aspirasi DPR RI.

Kendala lain, biasanya setelah tamat SMA banyak yang memilih melanjutkan pekerjaan orangtuanya sebagai petani. MB memberi opsi kuliah sambil kerja.

"Sekarang era-nya Merdeka Belajar di Kampus Merdeka. Bisa kuliah online. Kita juga terus membuka kelas kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi," tambah Bupati.

Baca Juga : 8 Tim Ikuti Turnamen Sepakbola Legend U-40 di Enrekang

"Apa lagi kendalanya? Jika masih ada, datang ke Bupati, kita temukan solusi bersama," kata Bupati dua periode tersebut.

20 lulusan Siap Ke Kuliah di Jerman

Diantara para lulusan, 20 orang tengah kursus Bahasa Jerman. Rencananya mereka akan melanjutkan pendidikan di Negeri Panzer tersebut.

Baca Juga : Bupati Enrekang Terima Kunjungan BPS, Dukung Pelaksanaan FKP 2023

Kepala SMA 4 Enrekang Drs. Makhmud menjelaskan, pihaknya menjalin kerjasama dengan Habibie Education Youth (HEY) untuk memboyong siswa kuliah sambil kerja di Jerman.

Ke-20 siswa ini sedang dalam tahap pendidikan selama 6 bulan untuk memperoleh sertifikat B1.

Selain ke Jerman, 2 alumni SMA 4 Enrekang sudah berada di Malaysia kuliah di Albukhary Internasional University.

Baca Juga : Pemkab Enrekang dan Pemkot Balikpapan Teken Kerjasama, Suplai Hortikultura ke Kalimantan

"Tanggal 18 Mei nanti, 1 orang lagi akan berangkat kuliah di Malaysia," jelas Kepsek didampingi Wakasek Kesiswaan Salman.

Bupati mengapresiasi rencana ini dan berharap semuanya bisa lulus dan sukses di Jerman.

"Saya dengar 20 orang ini akan kuliah dan sekaligus magang. Gaji magang di negara Eropa seperti Jerman bisa sampai belasan juta," ujar Bupati.

Baca Juga : PKK Enrekang Raih Juara 1 Berkat Jus Kelor

MB mengingatkan, jika mereka di Jerman nanti akan menghadapi perbedaan kultur. Juga perubahan pola hidup, pola pikir, karakter dan cara pandang.

"Semoga bisa belajar sebaik-baiknya di sana. Kita harapkan kembali dengan membawa perubahan. Ini kesempatan berharga sekali," pesan Bupati.

Bertabur Siswa Berprestasi

Baca Juga : PKK Enrekang Raih Juara 1 Berkat Jus Kelor

SMA 4 Enrekang melahirkan cukup banyak siswa yang berprestasi di bidangnya masing-masing. Tingkat kabupaten, regional Ajatappareng bahkan provinsi.

Bahkan siswi bernama Siti Alya Mukhbita Basri mencatat 8 prestasi berbeda. Mulai dari lomba Bahasa Inggris, Video Pembelajaran, lomba puisi, ceramah dan pidato.

Muhammad Rezky Al Hidayat meraih 2 juara lomba puisi, Muh Nur Qadri juara debat Se-Ajatappareng, Muhammad Hazmirul juara 2 olimpiade sains bidang astronomi. Serta belasan siswa lain yang juara di bidang olahraga dan kesenian.

Baca Juga : PKK Enrekang Raih Juara 1 Berkat Jus Kelor

(Humas Enrekang)

 

#Kabupaten Enrekang #pelajar #SMA