Rabu, 04 Mei 2022 20:08

740 Perantau dari Sulsel Bertolak ke Kalimantan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
740 Perantau dari Sulsel Bertolak ke Kalimantan

Berdasarkan data dari Kantor Kesyahbaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare tercatat 740 penumpang yang merupakan perantau berangkat dari Pelabuhan Nusantara menggunakan KM Lambelu tujuan Balikpapan (Kaltim), Nunukan dan Tarakan (Kaltara).

RAKYATKU.COM,PAREPARE-- H+2 Lebaran, arus balik mulai terjadi di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Pantauan rakyatku.com, KM Lambelu yang tiba dermaga Pelabuhan Nusantara, Rabu (4/5/2022) sekitar pukul 12.30 Wita disambut dengan desak-desakan penumpang yang berlomba masuk ke area dermaga agar bisa mendapatkan tempat di Kapal berkapasitas 2.000 penumpang tersebut.

Berdasarkan data dari Kantor Kesyahbaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare tercatat 740 penumpang yang merupakan perantau berangkat dari Pelabuhan Nusantara menggunakan KM Lambelu tujuan Balikpapan (Kaltim) , Nunukan dan Tarakan (Kaltara) .

Baca Juga : Tingkatkan Sektor Jasa, Wali Kota Parepare Dorong Peningkatan Tata Kelola Pelabuhan

"Hari ini kapal pertama yang mengangkut penumpang arus balik tiba di pelabuhan yakni KM Lambelu membawa 740 penumpang, " jelas Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli Laut KSOP Parepare, Sahrun Asis, Rabu(4/5/2022).

Sahrun menjelaskan pihaknya bersama dengan pihak terkait yang tergabung dalam posko angkutan lebaran tetap bersiaga terutama, pada saat puncak arus balik .

"Kita prediksi akan puncak arus balik akan terjadi yang terjadi pada H+5 hingga H+6 lebaran, olehnya itu kita terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terutama TNI dan Polri dalam hal pengamanan di pelabuhan, "bebernya.

Baca Juga : KSOP Parepare Perketat Prokes Antisipasi Ledakan Penumpang

Rosmini, salah satu penumpang tujuan Balikpapan mengaku terpaksa balik ke perantauan bersama 2 anaknya lebih awal karena kehabisan tiket pada pemberangkatan kapal pada H+6 Lebaran.

" Sebenarnya masih mau tinggal rencana berangkat hari Minggu, namun informasinya tiket kapal. Pada hari itu sudah habis terjual, tanggal 27 April kemarin berangkat, tiba di Parepare tanggal 28 April, belum cukup seminggu balik lagi karena anak-anak masuk ujian tanggal 9 Mei, "tandasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Arus balik #pelabuhan nusantara