Senin, 02 Mei 2022 08:47

Sambut Lebaran Idulfitri, Wali Kota Makassar Buka Lomba Gema Takbir Ramadan 2022

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lomba malam takbiran di anjungan Pantai Losari Makassar, Ahad (1/5/2022).
Lomba malam takbiran di anjungan Pantai Losari Makassar, Ahad (1/5/2022).

Sebagai pemenang dalam lomba Gema Takbir Ramadan 2022 diraih oleh Kecamatan Panakukang dengan nilai 361, peringkat kedua Kecamatan Manggala dengan nilai 360, dan disusul peringkat ketiga Kecamatan Rappocini dengan nilai 343.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny) didampingi Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, membuka lomba malam takbiran di anjungan Pantai Losari Makassar, Ahad (1/5/2022).

Dengan tema Gema Takbir Ramadan 2022, lomba malam takbiran diikuti 15 perwakilan dari 15 kecamatan se-Makassar.

Danny mengatakan bahwa untuk Ramadan tahun ini pawai takbiran keliling Makassar ditiadakan. Takbiran yang dilaksanakan di masjid dipusatkan di anjungan Pantai Losari dengan menggelar lomba malam takbiran.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

"Gema takbir ini menjadi ajang bagaimana setiap kecamatan melantunkan takbir yang paling merdu dan ini malam semarak yang luar biasa," ucapnya.

Ia mengatakan bahwa saat ini pemerintah daerah sangat bersyukur karena pemerintah pusat telah memperkenankan bertakbir dan mudik.

"Olehnya itu, kami mengurangi hal selebrasi, tetapi lebih kepada hal yang hakiki, misalnya di setiap kecamatan. Dengan begitu merdunya masing-masing bertakbir bersama jemaah masjid semua kecamatan di sini," ujarnya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Saat ini, kata Danny, masyarakat dapat melihat bagaimana semaraknya Makassar menyambut kemenangan menyambut kedatangan bulan 1 Syawal.

"Bersyukur kita keluar dari pandemi, bersyukur sudah ada kelonggaran. Kita kompak bersama menghadapi kesulitan pandemi, yang dua tahun sebelumnya telah melanda dunia," ujarnya lagi.

Danny berujar, saat pandemi melanda, memberikan pilihan harus sama-sama kompak, adaptif, dan bangkit, terutama dalam membangkitkan ekonomi.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

"Secara perhitungan ekonomi Makassar sekarang sudah rebound, sudah di atas lima persen dan insyaallah menjadi bagian untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi Makassar sampai 8,7 persen," jelasnya.

Sementara itu, Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol. Chusaeni Patoppoi, mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggelar Gema Takbir Ramadan.

"Biasanya takbir dilaksanakan oleh masing - masing secara berkelompok, namun kali ini dilaksanakan bersama sehingga tidak bergerombol. Terima kasih Pak Wali Kota sehingga kegiatan ini terselenggara dengan baik," ujar Wakapolda.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

Sebagai pemenang dalam lomba Gema Takbir Ramadan 2022 diraih oleh Kecamatan Panakkukang dengan nilai 361, peringkat kedua Kecamatan Manggala dengan nilai 360, dan disusul peringkat ketiga Kecamatan Rappocini dengan nilai 343. (*)

#pemkot makassar #Lebaran Idulfitri 2022