Minggu, 01 Mei 2022 14:41

Tips dan Keuntungan Menggunakan Aplikasi Simpeg Online

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Untuk aplikasi simpeg online sendiri juga sudah ada banyak, namun tidak semua aplikasi tersebut bisa dipercayai begitu saja.

RAKYATKU.COM - Sebagai pebisnis, tentunya harus tetap mampu menunjang dan mengawasi kinerja pegawai yang sudah direkrut sebelumnya. Namun, beberapa diantara pebisnis terkadang tidak memiliki waktu yang luang untuk melakukan hal tersebut sehingga mereka terkadang merasa keteteran. Karena itu, hadirlah sebuah aplikasi yang mampu menunjang simpeg online.

Tips Memilih Aplikasi Simpeg online yang Tepat

Sekarang ini sudah semakin banyak aplikasi yang bisa diunduh di internet dan mampu mendukung proses bisnis agar tetap berjalan dengan lancar. Untuk aplikasi simpeg online sendiri juga sudah ada banyak, namun tidak semua aplikasi tersebut bisa dipercayai begitu saja. Berikut adalah tips yang dapat Anda terapkan sebelum menginstal aplikasi sistem informasi ini:

Pilih Aplikasi yang Sudah Memiliki Sertifikasi

Tips pertama yang bisa Anda terapkan ketika ingin memiliki aplikasi simpeg online yaitu aplikasi tersebut harus sudah memiliki sertifikasi dan dianggap legal oleh pihak yang berwajib. Hal tersebut penting untuk diketahui sehingga data Anda dan pekerja yang sudah dimasukkan ke dalam aplikasi tersebut tetap terjaga dengan aman dan tidak mengalami kebocoran apapun.

Salah satu contohnya yaitu aplikasi Talenta by Mekari yang kini sudah mampu dikatakan sebagai aplikasi yang sangat aman untuk digunakan. Sebab, aplikasi ini sudah mendapatkan autentikasi dari pihak KOMINFO, sehingga bisa dikatakan bahwa aplikasi yang satu ini tidak akan merugikan penggunanya ketika dipakai untuk mengontrol kinerja pegawainya.

Pilih Aplikasi yang Mudah Digunakan untuk Pemula

Selain sertifikasi, aplikasi tersebut juga harus memiliki tampilan antarmuka yang tidak terlalu sulit untuk dipahami oleh pebisnis pemula. Sebab, tidak semua pebisnis mampu menggunakan aplikasi yang terlalu canggih dan terkadang aplikasi yang sulit untuk dipahami hanya akan membuat pebisnis memakan terlalu banyak waktu untuk mengawasi pegawainya.

Karena itulah, Anda harus memilih aplikasi yang terkenal mudah untuk digunakan bagi pemula yang sebelumnya tidak terlalu familiar dengan aplikasi yang sudah ada. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu merasa kesulitan lagi dalam mengoperasikannya sehingga waktu yang Anda miliki tidak akan terbuang secara sia-sia.

Pilih Aplikasi yang Mampu Memberi Informasi Akurat

Aplikasi untuk mengawasi pegawai harus mampu memberikan informasi yang akurat dan tidak ada kesalahan apapun sehingga Anda mampu mencatat beberapa hal yang sesuai dengan kenyataan. Apabila terdapat kesalahan tertentu, maka sudah pasti Anda akan menghasilkan laporan yang juga hanya akan merugikan para pegawai yang Anda miliki.

Selain itu, informasi tersebut bisa ditunjukkan secara langsung dan tepat waktu pada saat itu juga. Hal itu tentu saja akan sangat membantu Anda agar mampu membuat pegawai merasa bahwa kinerja mereka tetap diperhatikan dengan baik oleh Anda. Dengan begitu, pegawai tetap akan mengerahkan pekerjaan yang maksimal dan tidak terlalu meremehkan.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Simpeg online

Ada begitu banyak manfaat yang bisa diraih apabila menerapkan aplikasi simpeg online. Sebab, pebisnis tidak perlu lagi menggunakan sumber daya manusia tambahan untuk mengecek bagaimana kondisi pegawai pada saat itu, sehingga mereka bisa menghemat pengeluaran yang dimiliki perusahaan. Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa kelebihan pemakaian simpeg online yang bisa dirasakan:

Bisa Diakses secara Online

Bisa dibilang, inilah kelebihan utama yang mampu dihasilkan oleh aplikasi yang satu ini. Anda hanya perlu menyambungkan perangkat Anda dengan jaringan internet, lalu Anda sudah bisa merasakan seberapa besar manfaat yang bisa dihasilkan oleh aplikasi ini. Internet yang Anda miliki pun harus selalu stabil sehingga data yang diinginkan bisa segera diterima dengan lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, namun Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini di dalam perangkat. Hanya dengan mengunjungi websitenya saja, Anda sudah bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Selain itu, aplikasi ini bisa dicoba secara gratis dan tidak akan memakan biaya yang terlalu banyak, sehingga uang Anda pasti akan tetap aman.

Mampu Menampilkan Data Pegawai dengan Cepat

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh simpeg online yaitu mereka mampu menampilkan data pegawai perusahaan dengan lebih cepat. Anda tidak perlu lagi harus merasa pusing dengan banyaknya berkas yang menumpuk di dalam meja, sebab dengan menggunakan aplikasi ini pun Anda tetap mampu mengetahui kebutuhan data pegawai dengan lebih praktis.

Hal tersebut bisa terjadi karena aplikasi ini sudah menerapkan sistem yang terintegrasi dengan baik. Karena hal itulah, Anda tinggal perlu menginput data yang sebelumnya sudah dimiliki pegawai ke dalam aplikasi lalu apabila Anda membutuhkan data tersebut di kemudian hari, Anda bisa segera mencarinya di dalam aplikasi dengan mudah.

Mengetahui Kredit Pegawai dengan Cepat

Pegawai tidak hanya bekerja secara cuma-cuma saja, namun mereka harus tetap diberi uang dan gaji yang sesuai dengan kinerja mereka selama ini. Sebagai pebisnis, terkadang akan cukup sulit untuk mencatat kinerja positif dari karyawan sehingga terkadang akan muncul protes yang dilakukan oleh pegawai karena gaji yang tidak sebanding dengan usaha yang mereka kerahkan.

Untuk menghindari hal tersebut, simpeg online sudah disertai fitur canggih yang mampu mencatat kinerja positif pegawai ketika sudah mencapai prestasi tertentu. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mengetahui kredit pegawai dengan lebih cepat, sehingga jumlah gaji tambahan yang bisa mereka peroleh bisa dihitung dengan lebih mudah lagi.

Mengatur Beban Kerja dan Hak Cuti Pegawai

Terkadang, akan ada masa dimana pegawai meminta izin dan tidak mampu mengerjakan pekerjaan pada hari tertentu dikarenakan suatu alasan seperti acara keluarga, sakit, dan lain-lain. Hari cuti pegawai tentu harus tetap dicatat agar tidak merasa kebingungan ketika sudah memasuki masa untuk memberikan gaji.

Melalui aplikasi simpeg online ini, Anda bisa mengatur seberapa besar beban kerja dan hak cuti yang dimiliki oleh pegawai. Dengan begitu, pegawai tetap mampu mengambil cuti dengan bebas namun Anda bisa mengurangi jatah gaji yang perlu diberikan pada mereka setelah mengetahui seberapa banyak mereka mengambil hak cuti tersebut.

Mampu Merekrut Pegawai dengan Lebih Mudah

Bagi pebisnis yang sedang kekurangan pegawai tentu ingin melakukan perekrutan dengan lebih mudah. Salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh simpeg online yaitu Anda bisa mencari pegawai dengan menjangkau informasi yang lebih mudah, sehingga calon pegawai pun mampu merasa tertarik untuk bekerja di tempat Anda.

Mengelola Jadwal Kerja dengan Efisien

Jadwal kerja pun harus tetap dikelola agar pekerjaan bisa segera selesai dan setiap karyawan memperoleh pekerjaan yang seimbang. Simpeg online mampu mengatur jadwal kerja tersebut sehingga bisa lebih efisien.

Semua keuntungan yang bisa dirasakan ketika menggunakan simpeg online tidak akan terasa lengkap apabila tidak merasakannya sendiri.

Aplikasi Talenta by Mekari, Rekomendasi Simpeg Online Terbaik

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Aplikasi HRD biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.
Kelebihan Talenta by Mekari:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

#Simpeg Daring