Kamis, 21 April 2022 14:10

Presiden Ukraina: Sanksi Baru Rusia Harus Benar-Benar Menyakitkan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Foto CNN Internasional)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Foto CNN Internasional)

"Kami sedang bekerja untuk membuatnya benar-benar menyakitkan bagi mesin militer Rusia dan negara Rusia secara keseluruhan," kata Zelensky.

RAKYATKU.COM, -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Uni Eropa sedang merencanakan paket sanksi keenam terhadap Rusia.

"Kami sedang bekerja untuk membuatnya benar-benar menyakitkan bagi mesin militer Rusia dan negara Rusia secara keseluruhan," kata Zelensky dilansir dari BBC, Kamis (21/4/2022).

Ia menambahkan bahwa dia telah melakukan pembicaraan yang sangat menyeluruh dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengenai masalah pertahanan dan keuangan, serta sanksi.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

"Secara khusus, sanksi akan memberikan pembatasan pada sektor energi Rusia, sektor perbankan, ekspor, impor, dan transportasi," tambahnya.

Dia juga mengulangi seruannya untuk embargo penuh pada pasokan minyak Rusia.

Zelensky mengatakan dia berbicara dengan Michel tentang ancaman terhadap krisis pangan dan energi di Eropa, dan kemungkinan melanjutkan ekspor pertanian Ukraina dan menghalangi kemampuan Rusia untuk memeras Eropa.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Sebelum pertemuan mereka, ketua Dewan Eropa mengunjungi Borodyanka di Kyiv bersama timnya, kata Zelensky, dan melihat dengan mata kepala sendiri kehancuran yang mereka [Rusia] sebabkan.

"Tidak akan ada keadilan tanpa perdamaian," kata Zelensky seraya menambahkan bahwa militer dan komandan Rusia akan dianggap bersalah atas kejahatan perang.

"Setiap nama keluarga, setiap alamat rumah, setiap rekening bank, kami akan menemukan semuanya," ucapnya.

#Ukraina #Rusia