Rabu, 20 April 2022 21:47

Camat Tempe Dampingi Bupati Wajo Serahkan Bantuan Sembako untuk Ketua LPMK, RT, dan RW

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Camat Tempe Dampingi Bupati Wajo Serahkan Bantuan Sembako untuk Ketua LPMK, RT, dan RW

Paket sembako yang dibagikan ini dari Pemerintah Kecamatan Tempe bekerja sama para dermawan dan donatur.

RAKYATKU.COM, WAJO - Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyerahkan secara simbolis 385 paket sembako kepada masing-masing perwakilan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), ketua Rukun Warga (RW) atau kepala lingkungan, dan ketua Rukun Tetangga (RT) se-Kecamatan Tempe.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan usai salat zuhur di Masjid Babussalam, Kelurahan Bulupabbulu, yang merupakan titik kedua kunjungan safari Ramadan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo di Kecamatan Tempe, Rabu (20/4/2022).

Paket sembako yang dibagikan ini dari Pemerintah Kecamatan Tempe bekerja sama para dermawan dan donatur.

Baca Juga : DBR Kembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Bupati Wajo ke PKB

Camat Tempe, Supardi, menjelaskan bahwa pemberian paket ini merupakan apresiasi dari pemerintah Kecamatan Tempe atas sinergi dan dukungannya dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat.

"Apalagi dengan adanya program inovasi layanan administrasi kependudukan terintegrasi (Laktasi) Pemerintah Kecamatan Tempe yang semakin membutuhkan dukungan dari lembaga tersebut," lanjutnya.

Melalui kesempatan ini, Supardi melaporkan kepada Bupati Wajo bahwa setidaknya ada lima layanan dalam Laktasi tersebut.

Baca Juga : Pejabat Bupati Wajo Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Surabaya

"Kami laporkan kepada Bapak Bupati bahwa dari lima layanan Laktasi. Pertama adalah akte kelahiran bayi yang melahirkan di puskesmas. Ada tiga puskesmas di Kecamatan Tempe yakni Puskesmas Tempe, Puskesmas Salewangeng, dan Puskesmas Pattirosompe. Kita berikan kewenangan puskesmas untuk mengusulkan langsung akte kelahiran. Itu berlaku hanya bagi yang melahirkan di puskesmas," katanya.

Kedua, pencatatan untuk kartu identitas anak (KIA), yang menggandeng seluruh sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di lingkup Kecamatan Tempe.

"Untuk KIA sudah menggandeng beberapa sekolah dasar dan SMP, yang nantinya akan menyeluruh ke semua sekolah," ujar Supardi.

Baca Juga : Kabupaten Wajo Komitmen Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis P2HAM

Ketiga, usia wajib kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) biasanya adalah usia sekolah menengah atas (SMA), dan Pemerintah Kecamatan Tempe menggandeng tiap SMA agar seluruh siswa yang wajib KTP-el melakukan perekaman.

Keempat, pencatatan peristiwa nikah dan juga perubahan status menikah yang ada di KTP-el dan kartu keluarga yang melibatkan Kantor Urusan Agama (KUA).

Kelima, adalah penerbitan akta kematian yang melibatkan imam lingkungan dan imam kelurahan se-Kecamatan Tempe.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo ke 625 Digelar di Lapangan Merdeka

"Kami telah meneken memorandum of understanding (MoU) awal November 2021 lalu, dengan leading sector masing-masing," katanya.

Sementara, Bupati Wajo, Amran Mahmud mengapresiasi program yang merupakan inovasi Camat Tempe ini. Ia mengatakan program atau inovasi tersebut sangat sejalan dengan salah satu dari 25 program kerja Duo Amran (sebutan untuk Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud-Amran), yakni Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

"Di mana pelayanan yang dikerja di kabupaten diberikan sebagian kewenangan kepada kecamatan yang tujuannya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

Amran Mahmud juga mengingatkan dan menyemangati para ketua LPMK, ketua RW, dan ketua RT untuk terus membantu pemerintah kecamatan dan kelurahan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Tetap semangat Bapak dan Ibu sekalian, insyaallah segala pengabdian kita akan mendapatkan balasan terbaik dari Allah swt," ucapnya.

Diketahui, untuk safari Ramadan di Kecamatan Tempe hari ini diawali dengan penyerahan bantuan paket kepada masyarakat miskin di Masjid Agung Ummul Qura', Sengkang, lalu salat zuhur dan penyerahan paket sembako kepada ketua LPMK, ketua RW, dan ketua RT se-Kecamatan Tempe di Masjid Babussalam, Kelurahan Bulupabbulu.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

 

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud #camat tempe