Selasa, 19 April 2022 09:13

Dua Kampus Swasta Teken Kerja Sama dengan Pemkab Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penandatanganan MoU berlangsung di ruang kerja Bupati Barru, Senin (18/4/2022).
Penandatanganan MoU berlangsung di ruang kerja Bupati Barru, Senin (18/4/2022).

Kerja sama meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengkajian, dan pelatihan untuk peningkatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya manusia di Kabupaten Barru.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru terus berupaya menyinergikan pentahelix dalam semangat Yassiberrui dengan pelibatan unsur akademik. Hal ini penting agar tiap peluang yang memungkinkan di Barru dapat dimaksimalkan.

Pemkab Barru kembali melakukan kerja sama dengan dua kampus swasta. Lewat penandatanganan nota Kesepahaman atau memorandum Of understanding (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Parepare dan Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada Parepare.

Penandatanganan MoU berlangsung di ruang kerja Bupati Barru, Senin (18/4/2022).

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Dalam sambutannya, Bupati Barru mengatakan perguruan tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah dan masyarakat dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya seperti sumber daya manusia (SDM), perangkat kelembagaan, serta kemampuan membuat riset dan kajian.

"Nota kesepahaman ini bertujuan untuk menjalin kerja sama antar Pemerintah Kabupaten Barru dengan Universitas Muhammadiyah Parepare dan Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada Parepare dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengkajian, dan pelatihan untuk peningkatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya manusia di Kabupaten Barru," urainya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan potensi SDM berkualitas memadai, maka transfer ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pengembangan dan peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Barru mengalami percepatan peningkatan atau terakselerasi.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

"Semoga ke depannya dapat senantiasa mengadakan studi kebijakan untuk disumbangkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Barru sehingga memudahkan kami dalam menentukan prioritas program pembangunan berdasarkan kebutuhan daerah terutama yang relevan dengan kearifan lokal," harap Suardi.

Diketahui, kegiatan pengabdian masyarakat atau lazim di berbagai kampus disebut kuliah kerja nyata (KKN) sebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi Utamanya kepada masyarakat, dilakukan dengan cara membuat program kegiatan yang mampu mengembangkan ekonomi rakyat, meningkatkan kapasitas SDM, serta mengelola dan mengembangkan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) secara berkelanjutan. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh