Senin, 18 April 2022 22:03

Apresiasi Festival Apang Jilid 4, Bupati Barru Kagum dengan Pemuda Kamara

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh (kanan).
Bupati Barru, Suardi Saleh (kanan).

Kegiatan diakhiri dengan pemberian apang istimewa kepada Bupati Barru, Suardi Saleh, Sekretaris Daerah Barru, Abustan, dan Camat Barru, Andi Hilmanida.

RAKYATKU.COM, BARRU - Masjid Babul Falah Kamara, Jalan Pramuka, Kelurahan Tuwung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, kembali menggelar Festival Apang. Tradisi manre apang ini disaksikan Bupati Barru, Suardi Saleh, bersama warga setempat, Ahad (17/4/2022) kemarin.

"Alhamdulillah ini adalah festival keempat kalinya dilaksanakan, meski kemarin kita dilanda pandemi COVID-19, namun dua tahun terakhir tetap dilakukan meski secara hybrid," tutur Suardi membuka sambutannya.

"Dan tahun ini secara dilaksanakan secara terbuka, namun tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19, untuk ini saya ucapkan terima kasih," sebut Suardi yang menyebut dampak positif kegiatan ini di antaranya adalah silaturahmi antarwarga.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Ia juga menyebut generasi muda masjid Kamara yang selalu tampil beda, dapat untuk terus berbuat positif.

"Mudah-mudahan hal baik di sini dapat tereplikasi ke masjid-masjid lain. Semoga kreativitas yang luar biasa, tidak pernah berhenti berkarya, dan dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Festival Apang dibuka dengan resmi," tuturnya.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian apang istimewa kepada Bupati Barru, Sekretaris Daerah Barru, Abustan, dan Camat Barru, Andi Hilmanida.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Turut membersamai pembukaan Festival Apang, terlihat Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Barru, Jamaruddin, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Barru, Irham Jalil, Lurah Tuwung, Hidayatuddin, dan pembina Remaja Masjid Kampung Kamara, Asriadi Rijal.

"Alhamdulillah, berkat dukungan Pemda Barru, dan izin dari Bapak Bupati Barru, kita bisa festival secara terbuka, kami jamin bahwa telah lebih 90 persen warga Kamara yang telah divaksinasi lengkap, insyaallah," ujar Asriadi.

Ia menyebut Bupati Barru sebagai tokoh utama pendukung Festival Apang yang sejak awal pelaksanaan terus datang membuka dan memotivasi kegiatan tahunan ini.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Asriadi berharap dukungan ini dan konsistensi Festival Apang, nantinya akan menjadi event daerah yang menasional.

Kampung Kamara merupakan salah satu lingkungan yang menjaga dan menghidupkan tradisi ini dengan gelaran festival yang saat ini telah memasuki tahun keempat.

Sekadar diketahui, apang adalah kue khas yang dibuat dari tepung beras dan gula merah kemudian dikukus. Adonan yang sedikit akan mengembang menjadi besar.

Baca Juga : KNPI Barru Audiensi dengan Bupati Bahas Persiapan Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus

Makna mengembang inilah yang menjadi dasar, selain silaturahmi terjaga dengan saling berbagi, juga dapat memaknai agar di pertengahan Ramadan, semua sudah berkembang lebih baik. Tradisi ini selalu berlangsung saat malam pertengahan Ramadan. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Festival Apang #Pemkab Barru #suardi saleh