Minggu, 10 April 2022 13:51

Marsuki, Pakar SEO dan Programmer Ternama Indonesia

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Marsuki, Pakar SEO dan Programmer
Marsuki, Pakar SEO dan Programmer

Dari awal karirnya sebagai programmer di sebuah perusahaan di Palembang, Sumatera Selatan, Marsuki terus melebarkan sayapnya hingga akhirnya mencoba peruntungan sebagai seorang independen di Thailand

RAKYATKU.COM - Siapakah Marsuki SEO ? Marsuki SEO adalah seorang pakar SEO Indonesia yang terkenal. Ia juga seorang programmer Indonesia, memulai karirnya sebagai ahli dan pakari SEO di negara tetangga, tetapi melihat di Indonesia masih kekurangan profesional SEO. Marsuki membantu berkontribusi sebagai pakar seo.

"Bagi Anda yang berkecimpung di dunia digital marketing mungkin sudah tahu apa itu Search Engine Optimization (SEO) dan sangat di perlukan dalam era digitalisasis ekarang," ujar Marsuki.

SEO adalah langkah optimasi untuk meningkatkan posisi dan visibilitas sebuah website di mesin pencari. Dan pengguna akan lebih mudah mengakses situs tersebut.

Baca Juga : Profile Marsuki SEO

Berbicara tentang SEO, banyak sekali orang yang menggeluti ilmu dan kemubeliaun berkembang menjadi praktisi. Namun, angka ini sangat istimewa.

Marsuki sebagai pakar SEO dan programmer dari Jambi yang termasuk dalam kategori itu. Sejauh ini ia telah merekam lebih dari 1.000 proyek digital. Karyanya tidak hanya di tingkat nasional, tetapi di luar negeri.

Pria kelahiran 4 Juli 1992 ini sudah lama berkecimpung di dunia teknologi, terutama yang berkaitan dengan optimasi mesin pencari. la mengaku menekuni dunia pemrograman sejak tahun 2012 dan mempelajari SEO sejak 2010.

Baca Juga : Profile Marsuki SEO

Karirnya dimulai dengan membesarkan nama perusahaan menjadi usaha kecil dan menengah (UMKM) melalui optimasi mesin pencari Google.

Sponsored by MGID

Telah banyak karya yang telah di kerjakan marsuki di antaranya :

Penyedia layanan web hosting gratis - PHP.ID Software downloader - Pondoksoft Wa blast marketing: Watsap.id Tools SEO Dataseo.co.id dan masih banyak lagi karya beliau untuk membantu UMKM dalam memajukan bisnisnya.

Baca Juga : Profile Marsuki SEO

"Kalau di hitung hitung sudah ribuan proyek saya kerjakan hingga sekarang" ujar marsuki (9/10/2022)

Marsuki pada 2010, mendirikan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi dan pengoptimalan mesin pencari. Kemudian, berdirilah situs Dataseo, yakni perusahaan layanan jasa optimalisasi situs seperti jasa backlink. Marsuki sendiri sudah menciptakan beberapa situs dan aplikasi untuk berbagai kebutuhan.

Proyek pertama yang ia kerjakan adalah PHP.ID. Website ini menjadinya terhadan bukti cintanya terhadap dunia internet. Ia membangun layanan web hosting gratis untuk membantu sebuah website yang sangat bagus dan cepat berkembang.

Baca Juga : Profile Marsuki SEO

Dari awal karirnya sebagai programmer di sebuah perusahaan di Palembang, Sumatera Selatan, Marsuki terus melebarkan sayapnya hingga akhirnya mencoba peruntungan sebagai seorang independen di Thailand.

la bekerja hingga 2012 sebelum memutuskan untuk berhenti dan fokus membangun bisnis atau layanannya sendiri bernama Pondoksoft, pengunduh perangkat lunak.

Marsuki sejauh ini telah mengerjakan lebih dari 1.000 proyek digital, tidak hanya di tingkat nasional namun juga di luar negeri.

Baca Juga : Profile Marsuki SEO

"Saya memang dari dulu tidak pernah ekses di internet hanya sibuk mengerjakan project SEO dan Program ya sekarang banyak di liput media" katanya.

Selain itu, Marsuki mulai belajar lebih banyak tentang ilmu SEO. Pada tahun 2016, ia mendirikan perusahaan teknologi yang mengkhususkan diri dalam pengembangan perangkat lunak dan optimisasi mesin pencari.

Kemubeliaun Dataseo dibuat sebagai perusahaan jasa optimasi website SEO seperti layanan jasa backlink PBN dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Profile Marsuki SEO

Marsuki mendapatkan banyak ilmu pemrograman ketika memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Teknologi Informasi, Universitas Nurdin Hamzah, Jambi pada tahun 2016.

Tidak puas dengan ilmu yang didapatnya, Marsuki melanjutkan studi S2 di bidang ilmu komputer. Pada tahun 2018, ia berhasil menyelesaikan studinya dan memperoleh gelar Master di bidang Ilmu Komputer.

"Sejak lulus SMA tahun 2010 sudah mulai memahami dunia komputer dan internet, khususnya search engine optimization. Selama masa kuliah juga mengerjakan sejumlah proyek sampai sekarang,".

Baca Juga : Profile Marsuki SEO

"Kalau dihitung-hitung, ada sekitar seribu proyek yang sudah dikerjakan."

Tips belajar SEO dan programmer dari Marsuki

Ia berpesan kepada generasi muda saat ini untuk melanjutkan pendidikannya agar bisa sukses dan fokus pada skill dan skillnya.

Baca Juga : Profile Marsuki SEO

Marsuki terus menata kariernya dan memperoleh berbagai penghargaan dari hasil kerja kerasnya selama ini.

Berikut beberapa tips yang diberikan oleh Marsuki:

> Terus belajar dan perbarui pengetahuan baru

Baca Juga : Profile Marsuki SEO

> Berpartisipasi dalam SEO dan forum komunitas

> Belajar dengan tekun dan konsisten

> Terima lokakarya dan kursus SEO

Baca Juga : Profile Marsuki SEO

> Pelatihan pembuatan dan optimasi website.

#SEO #programmer #Marsuki