Jumat, 08 April 2022 16:51

Ditangguhkan dari PBB, Rusia: Kami Akan Terus Membela Kepentingan Kami

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Vote menjadikan Rusia anggota tetap pertama Dewan Keamanan PBB yang keanggotaannya dicabut dari badan PBB mana pun [Andrew Kelly/Reuters]
Vote menjadikan Rusia anggota tetap pertama Dewan Keamanan PBB yang keanggotaannya dicabut dari badan PBB mana pun [Andrew Kelly/Reuters]

“Apa yang kami lihat adalah upaya AS untuk mempertahankan posisi dominan dan kontrol totalnya, untuk melanjutkan upayanya pada kolonialisme hak asasi manusia"

RAKYATKU.COM - Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa memilih untuk menangguhkan Rusia dari badan hak asasi manusia di tengah tuduhan bahwa tentaranya membunuh warga sipil saat mundur dari wilayah di sekitar ibu kota Ukraina.

Resolusi yang diprakarsai Amerika Serikat pada hari Kamis 7/4 mencapai dua pertiga mayoritas anggota pemungutan suara. 93 suara mendukung dan 24 menentang, 58 negara abstain, tetapi suara mereka tidak dihitung dalam penghitungan akhir.

Resolusi singkat tersebut menyatakan “keprihatinan besar atas krisis hak asasi manusia dan kemanusiaan yang sedang berlangsung di Ukraina, khususnya atas laporan pelanggaran dan pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran hukum humaniter internasional oleh Federasi Rusia, termasuk pelanggaran berat dan sistematis dan pelanggaran hak asasi manusia. ”.

Baca Juga : Korban Tewas di Atas 80 Sejak Awal Bentrokan di Sudan

Keputusan ini disambut baik oleh Kyiv tetapi dikritik oleh Moskow.

“Penjahat perang tidak memiliki tempat di badan-badan PBB yang bertujuan melindungi hak asasi manusia. Terima kasih kepada semua negara anggota yang mendukung resolusi UNGA yang relevan dan memilih sisi sejarah yang benar,” kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Twitter.

Sementara itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan penyesalannya tentang keputusan tersebut. Ia juga menegaskan Moskow akan terus membela kepentingnnya.

Baca Juga : Ramzan Kadyrov Ramal Akhir Konflik Rusia vs Ukraina: Barat Akan Berlutut

"Kami minta maaf tentang itu," kata Peskov dalam sebuah wawancara dengan Sky News Inggris.

"Dan kami akan terus membela kepentingan kami menggunakan segala cara hukum yang mungkin," katanya.

Rusia mengatakan upaya untuk mengeluarkannya dari Dewan Hak Asasi Manusia adalah tindakan politik oleh negara-negara yang ingin mempertahankan posisi dominan dan kontrol mereka atas dunia.

Baca Juga : Tentara Ukraina yang Ditangkap Pasukan Rusia Mengaku Dilatih Militer Inggris

Itu digaungkan oleh Gennady Kuzmin, wakil duta besar Rusia untuk PBB.

“Apa yang kami lihat adalah upaya AS untuk mempertahankan posisi dominan dan kontrol totalnya, untuk melanjutkan upayanya pada kolonialisme hak asasi manusia,” kata Kuzmin.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyambut baik pemungutan suara pada hari Kamis tersebut.

“Sebuah negara yang melakukan pelanggaran berat dan sistematis terhadap hak asasi manusia seharusnya tidak duduk di badan yang tugasnya melindungi hak-hak itu,” katanya kepada wartawan.

Baca Juga : Petinggi Kongres Ungkap Peluang Perang AS VS China pada 2025 Sangat Tinggi

Gambaran yang muncul dari wilayah Kyiv setelah penarikan Rusia telah memicu penolakan global dan seruan untuk sanksi yang lebih keras.

Moskow membantah pasukannya bertanggung jawab atas kematian warga sipil. Duta Besar Rusia di Jenewa, Gennady Gatilov, menyebut tindakan AS itu sebagai “keberanian yang tidak berdasar dan murni emosional yang terlihat bagus di depan kamera – seperti yang disukai AS”.

“Washington mengeksploitasi krisis Ukraina untuk keuntungannya sendiri dalam upaya untuk mengecualikan atau menangguhkan Rusia dari organisasi internasional,” kata Gatilov, dalam komentar yang disampaikan oleh juru bicara misi diplomatik Rusia.

Baca Juga : Ajudan Presiden Zelensky Memundurkan Diri Pasca Ledakan Rudal Rusia di Apartemen


Sumber : Aljazeera

#Rusia vs Ukraina #PBB #perang dunia