Senin, 04 April 2022 22:53

Peringati Hari Air Sedunia, PT Bumi Karsa Gelar Kegiatan Penanaman Pohon

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dalam memperingati Hari Air Sedunia, PT Bumi Karsa mengusung kegiatan Penanaman Pohon  di sepanjang saluran irigasi Kerticala pada proyek Modernisasi Jaringan Irigasi Rentang LSS 04 yang terletak di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 100 bibit tanaman pohon produktif yang digunakan dalam kegiatan penanaman pohon dan didominasi oleh tanaman pohon mangga yang merupakan tanaman khas di Kabupaten Indramayu.
Dalam memperingati Hari Air Sedunia, PT Bumi Karsa mengusung kegiatan Penanaman Pohon di sepanjang saluran irigasi Kerticala pada proyek Modernisasi Jaringan Irigasi Rentang LSS 04 yang terletak di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 100 bibit tanaman pohon produktif yang digunakan dalam kegiatan penanaman pohon dan didominasi oleh tanaman pohon mangga yang merupakan tanaman khas di Kabupaten Indramayu.

Dalam aksi peringatan Hari Air Sedunia, PT Bumi Karsa menggandeng Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung dalam melaksanakan kegiatan penanaman pohon.

RAKYATKU.COM, -- Beragam cara dapat dilakukan dalam memperingati Hari Air Sedunia sebagai bentuk kesadaran dan upaya mencegah krisis air global di masa depan.

PT Bumi Karsa pun turut andil dalam memperingati Hari Air Sedunia melalui kegiatan penanaman pohon disepanjang saluran irigasi Kerticala pada proyek Modernisasi Jaringan Irigasi Rentang LSS 04 yang terletak di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Dalam aksi peringatan Hari Air Sedunia, PT Bumi Karsa menggandeng Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung dalam melaksanakan kegiatan penanaman pohon.

Baca Juga : Usia 55 Tahun, Bumi Karsa Jaga Komitmen Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan

Adapun jenis tanaman yang digunakan dalam peringatan tersebut yakni bibit pohon mangga. Pemilihan bibit pohon mangga dikarenakan pohon mangga merupakan tanaman khas di Kabupaten Indramayu.

Diketahui bahwa Kota Indramayu dikenal sebagai salah satu Kabupaten pembudidaya mangga yang memiliki kualitas mangga terbaik dari segi aroma dan rasa daging buah yang unik serta memilih daya khas tersendiri.

Banyak kota diluar dari Kabupaten Indramayu yang melakukan budidaya mangga namun memiliki rasa yang berbeda jauh dengan mangga asli Kabupaten Indramayu.

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

Penanaman bibit pohon mangga yang dilaksanakan PT Bumi Karsa turut dihadiri oleh jajaran pejabat PPK BBWS Cimanuk Cisanggarung. Selain itu, turut pula hadir unsur pemerintah Kabupaten Indramayu serta tokoh masyarakat lainnya.

Kegiatan penanaman bibit pohon mangga menunjukkan komitmen PT Bumi Karsa untuk terus mengedukasi dan menyampaikan beragam informasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga sungai dan melestarikan air.

Iman Firmansyah selaku project Manager RIMP LSS 04 mengatakan, Peringatan Hari Air Sedunia merupakan moment untuk menyadarkan kita semua akan pentingnya menjaga kelestarian air juga dalam pemanfaatan pengelolaan sumber air.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

"Penanaman pohon merupakan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ketersediaan air dan juga salah satu tindakan dalam upaya melestarikan lingkungan,” ucapnya.

Proyek Modernisasi Jaringan Irigasi Rentang merupakan salah satu proyek yang tengah digarap PT Bumi Karsa. Proyek Strategis Nasional LSS 04 (PSN) ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi saluran, meningkatkan kapasitas saluran, dan mengoptimalkan distribusi air ke area persawahan.

Program modernisasi tersebut mencakup sistem pelayanan pintu-pintu air yang nantinya akan menggunakan elektrikal yang dikaitkan dengan telemetri.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Tenaga Surveyor, Bumi Karsa Laksanakan Pelatihan Real Time Kinematic

PT Bumi Karsa sebagai kontraktor nasional telah dipercaya customer dalam menangani proyek- proyek besar yang tersebar di beberapa wilayah seluruh Indonesia.

Tidak hanya berfokus pada pengembangan usaha, PT Bumi Karsa juga aktif dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pemberdayaan dan pelatihan masyarakat, yang mempunyai dampak langsung terhadap masyarakat.

#PT Bumi Karsa #hari air sedunia #Kalla Group