Minggu, 03 April 2022 21:41

Bahagianya CPNS Baru Terima SK dan Bekal Motivasi Kerja dari Bupati Barru

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bahagianya CPNS Baru Terima SK dan Bekal Motivasi Kerja dari Bupati Barru

Secara detail, kepala daerah dua periode memberikan arahan dan tips untuk sukses menjadi Birokrat yang cemerlang. Sebab 38 orang CPNS baru ini akan menjadi energi baru untuk Pemda Barru dalam melayani masyarakat.

RAKYATKU.COM, BARRU -- Sebanyak 38 orang Calon Pegawai Negeri Sipil Pemda Barru menerima Surat Keputusan (SK) dari Bupati, Suardi Saleh. Mereka adalah para lulusan tes CPNS tahun 2021. Mereka selanjutnya akan disebar sesuai dengan instansi tujuan saat melamar.

Raut bahagia nampak terpancar dari para CPNS yang menerima SK tersebut. Selanjutnya, sebelum menerima SK PNS, para pegawai tersebut akan mengikuti kegiatan pra jabatan.

Bupati Barru, Suardi Saleh menyebutkan bahwa sesuai aturan, CPNS wajib ikuti masa percobaan sebagai calon PNS, selama satu tahun. Pada masa itu para pegawai baru harus menyesuaikan diri untuk memiliki mental Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga : Bupati Barru Buka Jambore Pendidikan 2024: Perkuat Ukhuwah dan Tingkatkan Mutu Pendidikan

"Di masa percobaan ini, disitu dilihat kinerja, integritas, kedisiplinan dan sebagainya sampai ikuti Latsar, yang jika tidak lulus maka tidak bisa ikuti lagi, makanya hati-hati saat masa percobaan," kata Suardi, Minggu (3/4/2022).

Ia kemudian mengungkapkan berbagai nasehat bijaksana untuk bekal pengetahuan sekaligus merevolusi mental sesuai arah regulasi. Secara detail, kepala daerah dua periode memberikan arahan dan tips untuk sukses menjadi Birokrat yang cemerlang. Sebab 38 orang CPNS baru ini akan menjadi energi baru untuk Pemda Barru dalam melayani masyarakat.

Motivasi dan filosofi Bupati Barru disampaikan dengan bijaksana di depan CPNS baru penerima SK. Yang pertama adalah karakter berintegritas, itu difikirkan dulu baru berbuat. Sehingga dia tidak menyesal atas resikonya, sebab semua langkah itu ada resikonya.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Kemudian, gunakan kemampuan berfikir kita sebelum berbuat, bertindak, apalagi di era komunikasi ini, jangan mudah menshare, apalagi sudah jadi CPNS. Ingat bahwa semua kebijakan pemerintah untuk kemaslahatan masyarakat.

Selanjutnya, tujuan menjadi ASN, tidak lain dan tidak bukan untuk mewujudkan cita-cita perjuangan pahlawan dan tujuan negara kita, untuk mencerdaskan, untuk kesejahteraan bersama, karena itu ASN melayani.

Lalu, masyarakat akan meminta haknya. Mereka dilayani karena kewajiban, tugas kita, dan harus ikhlas, bukan sebatas menggugurkan kewajiban atau harus meminta imbalan.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

"Yang lainnya adalah bekerja harus berintegritas, yakni ketika hati, lidah, fikiran dan perbuatannya satu garis, "Ette Na' Lilla Na, pada-pada Etto Na Atinna," harus sama dengan memikirkan dulu, baru berkata kemudian berbuat," ucap Suardi.

Menurut Suardi, semangat dan inovasi, biar berintegritas, baik, dan memegang norma, tapi itu tidak cukup, harus punya semangat, punya motivasi, berinovasi, harus lebih baik dari yang ada, contoh itu yang terbaik.

"Awal tahun menjadi CPNS yang menjadi dasar, kapan karakter kerja sejak awal mengikuti contoh yang malas, maka sulit untuk diubah dan berkembang, teladani lah senior mu yang terbaik dan berkualitas," kata Suardi.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Selanjutnya kata Suardi, tingkatkan kompetensi dan profesionalisme, karena mungkin anda hebat hari ini, belum tentu esok, karena itu jangan berhenti belajar, harus profesional mengikuti perkembangan pengetahuan terkini di pekerjaannya.

"Ingatlah 4 AS, CerdAS mengandalkan kemampuan otak, insya Allah akan efisien dan efektif, kemudian As kedua adalah Kerja KerAS artinya pantang menyerah, kemudian Kerja TuntAS sempurna tidak perlu diulang lagi karena sepenuh hati, kemudian As yang terakhir adalah IkhlAS, semua dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat," pungkas Suardi.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #CPNS baru #Suardi Saleh