Kamis, 31 Maret 2022 09:34

Kemendagri Apresiasi Capaian Makro Sulsel: Kemiskinan Turun, Ekonomi Tumbuh

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulsel di Hotel Claro Makassar, Kota Makassar, Rabu (30/3/2022).
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulsel di Hotel Claro Makassar, Kota Makassar, Rabu (30/3/2022).

"Dalam konteks capaian pembangunan makro khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan, berdasarkan data pada tahun 2021 hampir semua menunjukkan capaian yang baik. Kita apresiasi Provinsi Sulawesi Selatan," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Teguh Setyabudi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) atas sejumlah capaian pembangunan makro.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Teguh Setyabudi, pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulsel yang mengusung tema Pemantapan Kesejahteraan Melalui Pembangunan Manusia yang Produktif dan Berkarakter di Hotel Claro Makassar, Kota Makassar, Rabu (30/3/2022).

"Dalam konteks capaian pembangunan makro khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan, berdasarkan data pada tahun 2021 hampir semua menunjukkan capaian yang baik. Kita apresiasi Provinsi Sulawesi Selatan," kata Teguh.

Baca Juga : Pengusaha Malaysia Investasi Rp1 Triliun di Sulsel

Salah satunya, kemiskinan di Sulsel menunjukkan tren penurunan. Persentase penduduk miskin pada September 2021 sebesar 8,53 persen, menurun 0,25 persen dibandingkan Maret 2021 sebesar 8,78 persen. Sementara, persentase penduduk miskin di Indonesia 9,71 persen.

"Terkait masalah kemiskinan menjadi salah satu poin penting. Kami bersyukur karena tingkat tingkat kemiskinan ekstrem di Sulawesi Selatan relatif sangat kecil, walaupun kecil tetap kita perhatikan," ungkapnya.

Selain itu, capaian makro lainnya menunjukkan tren baik. "Kita lihat dari laju pertumbuhan ekonomi menunjukkan 4,65 persen yang sebelumnya terkontraksi -0,71 persen. Demikian juga untuk angka makro lainnya, misalnya pengangguran, gini rasio, dan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) menunjukkan tren yang naik," bebernya.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

Capaian ini tidak terlepas dari intervensi oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, yang senantiasa berupaya menghadirkan inovasi dan memfokuskan untuk bermanfaat bagi masyarakat banyak.

"Pembangunan kita terus gencarkan yang mengarah untuk asas manfaat bagi masyarakat banyak," kata Andalan, akronim nama Andi Sudirman Sulaiman. (*)

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #kemendagri