Rabu, 30 Maret 2022 17:07

Keuntungan Sistem Akuntansi untuk Tentukan Strategi Bisnis

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Binus)
Ilustrasi. (Foto: Binus)

Untuk mencapai kesesuaian yang baik antar aktivitas di perusahaan dibutuhkan pengumpulan data dari setiap aktivitas yang terjadi.

RAKYATKU.COM - Memilih sebuah strategi bisnis merupakan langkah yang penting, hal ini dilakukan untuk memfokuskan perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Namun, memilih strategi bisnis bagi perusahaan juga banyak yang harus dipertimbangkan.

Kegiatan utama yang harus dilakukan adalah mendesain seluruh aktivitas organisasi agar secara bersama-sama saling memperkuat satu dengan yang lainnya untuk memenuhi posisi strategis.

Ketika hal tersebut terjadi, maka perusahaan akan memperoleh sinergi sehingga para pesaing akan sulit untuk meniru. Seban, mereka harus melakukan banyak hal daripada hanya meniru. Bahkan perusahaan yang mencapai tingkat kesesuaian yang tinggi pada aktivitasnya tidak perlu khawatir untuk menjaga proses rahasia mereka.

Baca Juga : Punya Lebih dari 1 Kartu Kredit? Waspadai Penggunaannya untuk Hal-Hal Berikut Ini agar Tidak Merugikan Anda

Peran Sistem Akuntansi
Untuk mencapai kesesuaian yang baik antar aktivitas di perusahaan dibutuhkan pengumpulan data dari setiap aktivitas yang terjadi. Hal lain yang juga penting adalah sistem informasi harus mengumpulkan dan mengintegrasikan baik data keuangan maupun non-keuangan. Menggunakan sistem akuntansi dapat membantu organisasi memilih dan mempertahan strateginya.

Sistem akuntansi (sistem akuntansi) adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi, 2001).

Manfaat Sistem akuntansi
Berdasarkan uraian di atas diketahui bahwa sistem akuntansi dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu. Oleh karena itu, perusahaan harus merancang sistem akuntansi dengan baik. Akan memperoleh manfaat yang dapat digunakan untuk membantu menentukan strategi bisnis.

Baca Juga : Punya Lebih dari 1 Kartu Kredit? Waspadai Penggunaannya untuk Hal-Hal Berikut Ini agar Tidak Merugikan Anda

a. Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa
Sebagai contoh sistem akuntansi dapat mengawasi mesin secara otomatis. Operator akan diberitahu jika proses yang berjalan melebihi dan kurang dari batas kualitas yang ditentukan. Hal ini dapat membantu perusahaan mempertahankan kualitas produk. Selain itu, juga mengurangi jumlah bahan yang terbuang dan biaya untuk pengerjaan ulang.

b. Memperbaiki efisiensi
Sistem akuntansi yang dirancang dengan baik dapat membantu Anda memperbaiki efisiensi suatu proses karena dapat memberikan informasi yang lebih tepat waktu. Sebagai contoh, perusahaan yang menggunakan pendekatan produksi just in time membutuhkan informasi yang konstan, akurat, dan up to date mengenai persediaan bahan baku mereka.

c. Memperbaiki pengambilan keputusan
Sistem akuntansi dapat memperbaiki pengambilan keputusan dengan memberikan informasi dengan tepat waktu. Sebagai contoh, perusahaan ritel membuat database lengkap yang berisi informasi lengkap tentang transaksi penjualan tiap harinya. Dengan informasi tersebut, perusahaan dapat menganalisis produk yang banyak dicari, pola barang yang harus dibeli dalam jumlah banyak, dan juga dapat digunakan untuk memperbaiki tata letak barang agar penjualannya meningkat.

Baca Juga : Punya Lebih dari 1 Kartu Kredit? Waspadai Penggunaannya untuk Hal-Hal Berikut Ini agar Tidak Merugikan Anda

d. Berbagi pengetahuan
Sistem akuntansi yang dirancang dengan baik dapat mempermudah proses sharing atau berbagi pengetahuan dan keahlian. Selanjutnya dapat memperbaiki proses operasional perusahaan dan bahkan dapat menjadi keunggulan kompetitif perusahaan.

Setelah mengetahui pentingnya sistem akuntansi dan manfaat yang dapat diperolehnya, maka sekarang waktunya Anda melakukan hal tersebut. Anda dapat menggunakan sistem akuntansi online untuk merancang sistem akuntansi untuk usaha yang sedang dijalankan sekarang.

Rekomendasi Sistem Akuntansi Terbaik
Jurnal.id merupakan sistem akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Baca Juga : Punya Lebih dari 1 Kartu Kredit? Waspadai Penggunaannya untuk Hal-Hal Berikut Ini agar Tidak Merugikan Anda

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik, sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik. Untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Sistem untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif, dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan sistem akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Baca Juga : Punya Lebih dari 1 Kartu Kredit? Waspadai Penggunaannya untuk Hal-Hal Berikut Ini agar Tidak Merugikan Anda

Jadi, Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal.id memiliki banyak fitur di dalamnya.
-Fitur pembelian di mana di dalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap
-Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis
-Cash link
-Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya
-Manajemen stok

Bagaimana Cara Mendapatkan Software Akuntansi dari Jurnal.id?
Untuk bisa mendapatkan software akuntansi dari Jurnal.id, Anda hanya perlu melakukan pembelian aplikasi akuntansi dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk paket Starter Anda hanya perlu membayar biaya Rp199 ribu. Untuk paket Pro biayanya Rp299 ribu, sementara paket Enterprise biayanya Rp499 ribu.

Baca Juga : Punya Lebih dari 1 Kartu Kredit? Waspadai Penggunaannya untuk Hal-Hal Berikut Ini agar Tidak Merugikan Anda

Nah, kini tentu Anda sudah memahami bagaimana kemudahan penggunaan software akuntansi beserta dengan keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki aplikasi ini. Bagi Anda yang tertarik menggunakan software ini, tetapi belum yakin untuk membelinya maka bisa mencoba versi software free trial selama 14 hari.

Caranya, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran lalu langsung download aplikasinya. Lewat program Jurnal by Mekari kembangkan bisnis anda sekarang juga. Karena Jurnal.id adalah pilihan untuk software pengelola keuangan terbaik di Indonesia saat ini.

Demikian beberapa fitur yang ada pada software akuntansi online dari Jurnal.id. Tentu saja kemudahan sangat bisa anda dapatkan dari satu program akuntansi untuk semua kebutuhan bisnis anda. Terlebih sistem sudah dicatat secara otomatis sehingga sangat akurat dan tepat waktu.

Baca Juga : Punya Lebih dari 1 Kartu Kredit? Waspadai Penggunaannya untuk Hal-Hal Berikut Ini agar Tidak Merugikan Anda

Jurnal by Mekari juga merupakan penyedia aplikasi accounting yang sangat profesional dengan lebih dari 20.000 pelanggan sudah mempercayakan pembelian aplikasi pada Jurnal.id. Bagi Anda yang tertarik dengan aplikasi accounting dari Jurnal.id, tetapi masih belum yakin membeli paket aplikasinya, bisa mencoba program free trial selama 14 hari yang bisa diunduh secara gratis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, Anda juga dapat mengakses data secara real-time, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda. (*)

#Tips keuangan