Sabtu, 26 Maret 2022 09:18

Antisipasi Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan, Pemkab Wajo Gelar Operasi Pasar dan Pasar Murah

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Antisipasi Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan, Pemkab Wajo Gelar Operasi Pasar dan Pasar Murah

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Wajo dengan Perum Bulog Cabang Wajo. Dalam operasi pasar murah yang dilangsungkan dilapangan Callaccu (RTH) ini, juga dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Wajo, Jum'at, (25/03/2022).

RAKYATKU.COM, WAJO -- Menjelang Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Wajo, harga beberapa kebutuhan pokok atau sembako mulai merambat naik. Jika diperhatikan kenaikan harga ini merupakan fenomena yang berulang setiap tahun. Karena rutin terjadi tiap tahun, seharusnya itu dapat diantisipasi oleh pemerintah—baik terkait ketersediaan maupun distribusinya.

Salah satu sebab kenaikan harga adalah meningkatnya permintaan konsumen, kenaikan biaya distribusi, dan psikologi pasar menjelang Ramadan. Indikasinya, sebulan menjelang bulan suci ini harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional sudah mengalami kenaikan di beberapa daerah.

Terdapat beberapa komoditas yang perlu diwaspadai kemungkinan kenaikannya menjelang Ramadan tahun ini. Komoditas tersebut cabai rawit, daging sapi, minyak goreng, telur, dan gula pasir. Harga beras masih stabil dengan pasokan ke pasar yang sangat berlimpah.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Andi Bataralifu Hadiri Musrenbang Tingkat Provinsi Sulsel

Bupati Wajo, H. Amran Mahmud bersama Dinas terkait tampak turun langsung memantau kestabilan harga dan menyaksikan kegiatan pasar murah.

"Kegiatan pasar murah tentu, masyarakat kami sangat terbantu dan menolong mereka untuk mengurangi beban, melalui kegiatan ini apalagi inikan menjelang bulan puasa," jelasnya.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Wajo dengan Perum Bulog Cabang Wajo. Dalam operasi pasar murah yang dilangsungkan dilapangan Callaccu (RTH) ini, juga dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Wajo, Jum'at, (25/03/2022).

Baca Juga : Pantau Proses Belajar Mengajar, Pj Bupati Bersama Plt Kadisdikbud Wajo Dengar Aspirasi Tenaga Pendidik

Selain Bupati, kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Armayani bertindak sebagai Ketua Harian Tim Pengendalian Inflasi Daerah.

Armayani mengatakan, kegiatan operasi pasar dan pasar murah ini, adalah untuk mengantisipasi harga-harga kebutuhan pokok yang tidak normal. Untuk bahan pokok diantaranya, beras, cabe, bawang merah, gula pasir, tepung terigu, dan telur ayam ras.

Lanjutnya, biasanya menjelang bulan Ramadhan itu harga kebutuhan pokok cenderung tidak normal, untuk itu kami selaku pemerintah daerah melakukan intervensi kerjasama dengan Bulog dan toko kelontong modern.

Baca Juga : Pj Bupati Wajo Ajukan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah ke DPRD

Mengenai minyak goreng yang langka saat ini, Armayani menjanjikan, pihak distributor minyak goreng akan menyediakan pada awal April mendatang atau sebelum bulan puasa, mengenai harga, sudah stabil sesuai harga yang telah ditentukan, mengingat minyak goreng ini tidak lagi disubsidi sesuai aturan baru Mendagri nomor 1122.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Perekonomian Setda Wajo Andi Muzdalifah berujar, operasi pasar hari ini, untuk menyediakan kebutuhan pokok masyarakat maupun stabilisasi harga bahan pokok.

Pada operasi pasar ini, juga untuk menyambut hari jadi Wajo yang ke-623, dan menyediakan kebutuhan pokok oleh pemkab Wajo bersama Bulog dalam hal ini koordinasi bagian perekonomian, ketahanan pangan, bagian perekonomian, Dinas Pertanian serta Disperindagkop Kabupaten Wajo, Satpol PP, guna melakukan operasi pasar.

Baca Juga : Ketua DPRD Andi Muhammad Alauddin Palaguna Hadiri Musrenbang

Selanjutnya, menyiapkan bahan kebutuhan pokok, dengan mengkoordinasikan jumlah dan bermacam-macam harga yang sedikit dibawah harga pasar, dan Alhamdulillah respon masyarakat akan hal ini sangat baik, persiapan sebelumnya 600 paket dan semuanya ludes dibeli warga, sehingga ada penambahan paket lagi oleh Bulog, semoga ini bisa membantu utamanya menjelang bulan Ramadan.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Bulan Ramadan #pasar murah