Selasa, 15 Maret 2022 10:30

Pemkab Barru Stimulus Pelaku Usaha lewat Pelatihan 3 in 1 Rencana Bisnis

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh.
Bupati Barru, Suardi Saleh.

Penyelenggaraan diklat 3 in 1 sebagai salah satu langkah penanggulangan dampak pandemi COVID-19 melalui penyerapan tenaga kerja dan pengurangan jumlah pemutusan hubungan kerja.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, Sulawesi Selatan, melakukan stimulus kepada para pelaku usaha lewat Pelatihan 3 in 1 Rencana Bisnis. Pelatihan yang berlangsung di Sentra Pengolahan Rumput Laut Latimpa, Desa Madello, Kecamatan Balusu, Senin (14/3/2022) ini, bertujuan untuk mengidentifikasi ide dan peluang usaha bagi wirausawahan.

Bupati Barru, Suardi Saleh, yang selama ini intens dan mendukung program pengembangan sumber daya manusia (SDM) di daerah, membuka langsung kegiatan ini. Instruktur yang dihadirkan dari Politeknik ATI Makassar.

"Penyelenggaraan diklat 3 in 1 sebagai salah satu langkah penanggulangan dampak pandemi COVID-19 melalui penyerapan tenaga kerja dan pengurangan jumlah pemutusan hubungan kerja," ujar Suardi, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga : Antusiasme Masyarakat Barru Tinggi, Berbaur Fest 2024 Siap Naik Kelas

Ia mengatakan wirausahawan adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, termasuk menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya demi menghasilkan sesuatu bernilai lebih tinggi.

"Diklat 3 in 1 memberikan pelatihan, sertifikasi, dan bimbingan supaya tidak saja sebagai tenaga kerja, tapi bisa mempekerjakan orang," sebut Suardi menjelaskan metode pembinaan dari pemerintah daerah.

Dari kegiatan ini diharapkan pula mencetak wirausaha yang berkarakter dan bermental kewirausahaan serta mempunyai kompetensi sesuai dengan bidang usahanya, meliputi kompetensi teknis, manajerial, kreativitas, dan inovasi.

Baca Juga : Berbaur Fest 2024 Sajikan Hiburan dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Apresiasi

Sejalan dengan tujuan Peraturan Presiden RI Nomor 27 Tahun 2013 tentang Pengembangan Inkubator Wirausaha yaitu menciptakan dan mengembangkan usaha baru yang mempunyai nilai ekonomi, berdaya saing tinggi dengan mengoptimalkan pemanfaatan SDM terdidik dalam menggerakkan perekonomian dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri, mengharapkan dari kegiatan ini lahir ide-ide kreativitas dan inovasi dari masyarakat khususnya dari pengelola IKM serta UMKM.

Dari ide itu, selanjutnya akan lebih dioptimalkan hingga dapat diimplementasikan dalam bentuk proposal bisnis yang siap untuk diikutkan dalam program inkubasi bisnis di kampus Politeknik ATI Makassar, termasuk peluang untuk dapat menjadi mitra bisnis bagi tenant dan startup IBTI Poltek ATI Makassar.

Baca Juga : Baznas Barru Bangun Kantor Baru, Siap Perkuat Penanganan Kemiskinan

"Harapan kami dengan adanya diklat 3 in 1 ini dapat mendorong lahirnya wirausaha muda berbasis teknologi yang merupakan pengembangan hasil riset dan inovasi dari masyarakat Kabupaten Barru untuk menjadi generasi pencipta lapangan kerja. Berharap bahwa hasil dari workshop ini dapat meningkatkan jumlah wirausaha industri yang bersertifikat kompetensi siap kerja," kata Basri. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh